Sukses

Lifestyle

Siapa Sih Orang Yang Pertama Kali Berciuman?

Tak ada yang bisa memastikan siapa orang yang pertama kali mengawali ciuman. Hingga saat ini tak ada yang mengklaim menjadi yang pertama kali. Namun, yang jelas berciuman sudah ada dan dilakukan sejak berabad-abad lalu.

Uniknya, dahulu berciuman tak hanya dilakukan oleh kekasih saja. Bahkan, bertemu orang asing yang tak dikenal di jalan, ciuman bukan sebuah hal yang tabu dilakukan lho.

Nah, inilah cerita soal sejarah ciuman di berbagai negara yang unik dan menggelitik.

Ciuman di Romawi Kuno

Di jaman inilah ciuman tidak hanya dilakukan oleh kekasih atau keluarga saja. Ciuman adalah sebuah kegiatan menyapa.

Jadi, siapapun orang yang ditemui pada hari itu selalu disapa dengan ciuman. Entah itu tukang sepatu di pasar, orang asing yang ditemui di jalan, atau orang yang tidak disukai sekalipun, akan disapa dengan ciuman. Mungkin saja di jaman itu berciuman disamakan dengan berjabat tangan di jaman ini ya.

Ciuman di Mesir Kuno

Di Mesir sendiri, dipercaya bahwa Cleopatra belum pernah mencium satu orangpun yang ia temui. Dikatakan dalam sebuah buku Seni Berciuman karangan Nick Fisher, berciuman saat itu belum dikenal. Sehingga Cleopatra sekalipun tak pernah melakukannya.

Ciuman di Italia

Ciuman romantis datang dari cerita di Italia. Di jaman pertengahan, apabila ada seorang pria yang berani mencium wanita di tempat umum, maka hal itu sebanding dengan sebuah lamaran. Pria tersebut menunjukkan niatnya untuk menikah dengan serius.

Wah, pria Italia jaman dulu sungguh berani dan romantis ya...

Ciuman di Naples, abad ke 16

Pada abad ke-16, di sebuah daerah yang disebut Naples, berciuman termasuk kegiatan ilegal dan melanggar hukum. Bahkan kabarnya apabila ada orang yang nekat melakukannya akan diberi sanksi hukuman mati.

Ciuman di Hartford, Connecticut

Hari Minggu adalah hari umat Kristiani beribadah. Sehingga pada hari tersebut, suami dilarang mencium istrinya.

Hingga saat ini tak ada kejelasan lebih lanjut mengenai tradisi tersebut. Namun, para ahli memperkirakan bahwa wanita harus suci saat akan mengikuti ibadah di hari Minggu.

Ciuman di Indiana

Dari semua sejarah berciuman di atas, inilah cerita berciuman yang paling lucu.

Di Indiana, ada sebuah aturan yang melarang pria berkumis mencium seorang wanita. Hal ini ternyata dihubungkan dengan problem higienitas. Pria berkumis dianggap tidak higienis dan menyimpan banyak kuman di balik kumisnya. Oleh sebab itu, pada saat itu jarang sekali pria memelihara kumis. Kebanyakan akan segera mencukur kumisnya.

Di Asia

Dari jaman dulu hingga sekarang ciuman dianggap sebagai hal yang tabu. Terutama apabila dilakukan di depan umum dan bukan oleh pasangan yang sah. Banyak orang yang menjadi bahan gunjingan apabila nekat berciuman di depan publik.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading