Sukses

Parenting

Agar Subur dan Cepat Hamil, Ini Tips Mudahnya

Setelah menikah, harapan yang biasanya dimiliki sebagian besar pasangan adalah bisa segera dapat momongan. Tapi terkadang kenyataan tak sesuai harapan. Berharap sudah memiliki anak di tahun pertama pernikahan tapi ternyata sampai di tahun kedua belum dapat momongan.

Berkonsultasi dengan dokter jadi salah satu cara paling efektif untuk bisa segera mengusahakan cepat hamil. Selain itu, ada sejumlah tips dasar yang sebenarnya bisa dicoba jika ingin subur dan bisa cepat hamil. Tips-tips ini berkaitan dengan menjaga kondisi kesehatan tubuh dan pikiran. Selengkapnya, langsung saja kita ikuti uraiannya berikut ini.

    Menjaga Berat Badan

    Seperti yang dilansir oleh familyshare.com, terlalu kurus atau gemuk bisa menimbulkan masalah terkait kesuburan. Menurut William Gibbons sekali direktur divisi endokrinologi reproduksi dan infertilitas dari Baylor College of Medicine, menjaga berat badan bisa membantu proses konsepsi (pembuahan).

    Jangan Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

    Merokok bisa menyebabkan mandul. Selain itu, ada penelitian yang menyebutkan bahwa minum alkohol bisa meningkatkan risiko cacat lahir dan infertilitas. Jadi jika ingin cepat hamil, jangan merokok dan jangan minum minuman beralkohol, ya.

    Perhatikan Siklus Ovulasi

    Memperhatikan siklus ovulasi (proses ketika sel telur dikeluarkan dari folikel yang sudah matang ke tuba falopi untuk dibuahi) sangatlah penting bila ingin hamil. Dan tahukah kalau sel telur hidup 12-24 jam setelah dilepaskan? Hal ini biasanya terjadi 14 hari setelah hari pertama dari hari terakhir menstruasimu, jika siklus menstruasimu 28 hari. Jadi manfaatkan momen itu sebaik-baiknya bersama pasanganmu, ya.

    Olahraga Tapi yang Ringan-Ringan Saja

    Olahraga bisa membuat darah mengalir lebih lancar dan bisa menjaga kebugaran tubuh. Hanya saja, seperti yang dikutip oleh fitnessmagazine.com, wanita yang terlalu terobsesi atau berlebihan dalam berolahraga memiliki peluang lebih kecil bisa cepat hamil. Melakukan aktivitas fisik yang berlebihan dapat memberi dampak yang kurang baik untuk tubuh. Jadi pilih jenis olahraga yang ringan-ringan saja, ya Ladies.

    Selalu Kendalikan Stres yang Dirasa

    Terlalu stres atau depresi bisa membuatmu jadi susah hamil. Usahakan untuk selalu mengendalikan dan meredakan stres yang kamu rasa. Ikuti yoga, meditasi, atau melakukan hobi yang kamu suka untuk mengatasi stres tersebut.

Tips-tips di atas memang tips dasar untuk bisa menjaga kesuburan dan bisa cepat hamil. Oh ya, penting juga untuk menjaga pola makan yang sehat untuk bisa meningkatkan peluang bisa cepat hamil.

Semoga info di atas bisa bermanfaat, ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading