Sukses

Parenting

4 Tips Bagaimana Menghentikan Kebiasaan Pakai Dot Pada Anak

Saat kecil, anak memang butuh alat bantu untuk minum, terutama dengan dot. Selain karena mirip puting susu ibu, dot membuat anak lebih nyaman saat minum karena air yang masuk ke mulut sedikit demi sedikit.

Tapi saat anak sudah menjelang agak besar, akan lebih baik jika tidak membiasakan menggunakan dot lagi karena efeknya justru buruk untuk pertumbuhan gigi dan mulut. Tapi banyak orangtua bingung bagaimana agar anak bisa lepas dari dot. Anak yang sudah terbiasa pakai dot pasti merasa tak nyaman ketika tidak pakai dot, bisa rewel, marah bahkan menangis.

Menurut Dr. Carrie M. Brown dalam Parents.com, bayi usia 18 bulan sebaiknya sudah harus dibiasakan untuk melepas dot karena dot bisa mempengaruhi bentuk gigi dan cara anak bicara nantinya.

Banyak orangtua masih mengizinkan anak memakai dot saat akan tidur agar anak lebih cepat tidur, tapi justru kebiasaan inilah yang buruk karena saat anak tidur dan terus mengecap dot, bentuk giginya akan ditarik maju. Coba terapkan cara ini.

Cara pertama, mulailah membiasakan tanpa dot secara perlahan. Biasakan anak untuk minum air putih, minum jus dan susu dari gelas setiap hari.

Cara kedua, sembunyikan dot dari pandangan mata anak. Jangan menaruhnya di tempat-tempat yang mudah dilihatnya sehingga anak tidak ingat dengan dot. Ajak bermain dan alihkan perhatiannya saat tiba-tiba ia teringat sehingga ia tidak membahas tentang dot lagi.

Cara ketiga, beri alasan bahwa dotnya rusak dan harus dibuang. Biarkan anak tahu hal ini dan jelaskan bahwa dia tak bisa memakainya lagi. Dan sebagai gantinya, anak harus menggunakan gelas.

Cara keempat, gantikan dot dengan benda lain. Anak biasanya suka memiliki barang yang menemaninya tidur atau dibawa ke mana-mana. Buat anak memilih, antara dot dan bonekanya. Boneka favoritnya bisa mengalihkan perhatiannya sehingga lupa dengan dot.

Anak kemungkinan besar akan marah dan menangis, tapi bertahanlah. Ini akan membuat anak terbiasa tanpa dot, lama-lama anak akan melupakan tentang dot dan menjadi normal kembali di hari-hari berikutnya, Moms.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading