Sukses

Parenting

Biarkan Anak Bermain, Ini Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang Anak

Bermain adalah salah satu kegiatan yang paling disukai anak-anak. Tahukah Moms, bermain dengan mainan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

Bermain adalah kegiatan bebas dan spontan yang dilakukan karena keinginan diri sendiri dan bersifat menyenangkan. "Bermain adalah kegiatan yang diinginkan oleh anak, tidak ada unsur paksaan dari orang tua. Jika ada paksaan, ia tidak bisa merasa nyaman saat bermain," ungkap Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog.

Seperti yang dikatakan Psikolog Saskhya, ada beberapa aspek yang dikembangkan dalam permainan.

"Otak usia dini harus dilatih karena otak anak di bawah umur delapan tahun adalah yang paling optimal, belajar agar tidak mudah emosional, mengontrol emosi lebih baik, lebih mudah bersosialisasi seperti berbagi permainan dengan temannya, dan yang paling penting melatih syaraf motorik anak,"ujarnya.

Manfaat bermain dalam perkembangan anak ialah dapat menciptakan lingkungan yang memberikan kesempatan bagi anak untuk bereksplorasi, menyediakan variasi kegiatan bagi anak, serta alat bantu untuk memotivasi anak belajar.

Namun, Moms juga harus selalu memerhatikan mainan yang akan dimainkan anak, seperti yang dikatakan Gisella Anastasia, salah satu artis ibu kota, ada caranya memilih mainan anak yang baik.

"Saya memilihkan mainan yang aman bagi anak mulai dari bahan apa yang digunakan dalam mainan tersebut, mainan tersebut harus memiliki fungsi dalam perkembangan anak, serta dapat mengedukasi anak,"ungkapnya.

Agar anak tidak bosan dalam permainannya, Moms sebagai orangtua harus cermat berinteraksi dengan anak, pintar-pintar lah membuat suasana yang menyenangkan dan hangat dalam bermain, responsif terhadap perubahan kebutuhan anak, memberikan kesempatan mandiri pada anak, serta memberikan kesempatan anak bertanya. Dengan begitu anak bisa berkembang.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading