Sukses

Parenting

Anak Sakit Perut? Beri Pertolongan Pertama Ini Yuk Mom

Setiap ibu pasti akan panik saat sang buah hati jatuh sakit. Sakit perut memang cukup umum menyerang anak-anak di rentang usia 4-8 tahun. Sakit perut yang menyerang diantaranya disebabkan oleh beberapa alasan seperti keracunan makanan, sembelit, infeksi lambung, dan lain-lain. Apapun yang jadi penyebab anak sakit, Mommy bisa memberikan pertolongan pertama berikut ini:

  • Mom, coba berikan jahe saat si kecil mengeluh sakit perut. Jahe mengandung antioksidan kuat yang disebut "Gingerol", yang membantu mengurangi ketidaknyamanan dan mual. Selain itu, sifat anti-inflamasi jahe meningkatkan cairan pencernaan dan menangkal asam lambung. Cobalah memberikan teh jahe untuk si kecil. Ini akan segera membuat perutnya terasa nyaman.
  • Letakkan bantal pemanas atau botol berisi air panas pada perut si kecil dan biarkan ia berbaring di tempat tidur. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit perut. Panas dari air ini akan membantuĀ  meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit yang dapat mengurangi rasa nyeri yang muncul di perut.
  • Berikan makanan yang hambar untuk menetralkan perut si kecil. BerikanĀ  yoghurt, roti, nasi, atau oatmeal. Hindari makanan berminyak dan pedas karena sulit dicerna. Makanan hambar tidak memicu muntah. Selain itu makanan lunak akan membantu saluran pencernaan anak kembali ke fungsi normal lebih cepat.
  • Anjurkan agar si kecil minum banyak cairan pelan-pelan namun sering Ladies.
  • Jangan memberikan anak obat-obatan tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu Ladies. Jika pertolongan pertama ini tak berhasil segeralah berkonsultasi dengan dokter.


Nah, itu tadi adalah sederet tips sederhana yang bisa Mommy lakukan sebagai pertolongan pertama saat si kecil mengeluh sakit perut. Sekali lagi jika pertolongan ini tak ampuh maka segera bawa si kecil untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter. Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading