Sukses

Parenting

5 Cara Aman Mengawasi Anak Saat Menggunakan Medsos dan Internet

Di zaman serba canggih dan fasilitas koneksi internet sudah mudah didapat, kamu tak mungkin menghindarkan anak dari teknologi semacam ini. Bagaimana pun anak juga perlu belajar mengenal teknologi dan menggunakannya secara bijak.

Namun bagaimana caranya mengajarkan anak bijak menggunakan internet, karena berdasarkan penelitian American Academy of Pediatrics menunjukkan bahwa teknologi medsos dan internet bisa memberi pengaruh sosial yang buruk pada anak. Peran orangtua jelas diperlukan. Ini yang bisa dilakukan kamu sebagai orangtua.

    Ketahui aturan di bawah 13 tahun untuk Facebook

    Tahukah kamu bahwa anak usia di bawah 13 tahun tak bisa daftar Facebook? Meski memang setiap orang bisa bohong soal usia, namun terapkan ini pada anak. Jangan kabulkan jika ia minta punya Facebook saat usianya masih terlalu muda.

    Buatkan akun dalam pengawasanmu

    Jika membuat akun media sosial, pastikan kamu yang membuatkannya. Kamu tahu email login dan password-nya dan cek Privacy Settings/Pengaturan pribadi sehingga anak tetap dalam pengawasanmu.

    Gunakan filter konten dewasa

    Atur sedemikian rupa akun anak agar jauh dari konten dewasa atau yang tak seharusnya. Kini bahkan ada software yang bisa digunakan untuk menyaring informasi seperti Net Nanny dan PureSight PC sehingga kamu bisa mengawasi apa yang dilihat anak di internet.

    Buat aturan bersama anak

    Jika anak masuk usia sekolah, jangan biarkan internet merebut perhatiannya. Tentukan kapan ia bisa menggunakan komputer dan kapan harus belajar. 

    Letakkan komputer di ruangan yang mudah dilihat anggota keluarga

    Kamu bisa meletakkan komputer di ruang keluarga atau di tempat-tempat yang mudah dilalui keluarga. Dengan begini, kamu bisa dengan mudah mengawasi dan melihat apa yang dilakukan anak.

Itu dia tips singkat mengawasi anak dalam menggunakan internet dan media sosial. Penting mengajarkan anak bijak dalam menggunakan fasilitas internet agar anak tidak terpengaruh ke hal-hal negatif.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading