Sukses

Parenting

Kapan Waktu Paling Tepat untuk USG? Mom, Harus Tahu

Ultrasonografi (USG) umum dilakukan untuk mengetahui kesehatan janin. Meskipun biasa dilakukan, ternyata USG pun memiliki acuan waktu tersendiri. Meskipun tidak ada ketentuan berapa kali melakukan USG dalam usia kehamilan. Namun melakukan USG sebaiknya dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Kehamilan yang normal sebaiknya tidak perlu melakukan USG terlalu sering, cukup dilakukan hal tertentu saja.

Mom, berikut adalah waktu yang tepat untuk melakukan USG saat masa kehamilan. Yuk, simak penjelasan dari vemale berikut ini.

    Awal Kehamilan

    USG pada awal kehamilan sangat penting dilakukan untuk mengetahui posisi janin. Dengan melakukan USG pada awal kehamilan dapat membantu Mom untuk mengetahui waktu kehamilan dengan tepat. Waktu untuk USG adalah pada usia 8 sampai 12 minggu usia kehamilan atau pada trimester pertama.

    Trimester Kedua

    Pemeriksaan USG pada usia trimester kedua berfungsi untuk mengetahui keadaan janin. Apakah janin dalam keadaan normal atau ada masalah. Pada usia kehamilan ini Mom akan mengetahui keadaan janin dengan lebih jelas.

    Usia Kehamilan 20 Minggu

    Pada usia kehamilan ini Mom dapat melakukan USG dengan cara yang lengkap. USG ini berfungsi untuk mengetahui secara lengkap bagaimana keadaan janin. PAda usia kehamilan ini, dokter akan menjelaskan tentang letak plasenta, keadaan fisik janin, posisi janin hingga jumlah air ketubannya.

    Mendekati Persalinan

    Saat mendekati waktu persalinan USG penting dilakukan. USG berfungsi untuk mengetahui kondisi janin. Mengetahui kondisi janin dengan tepat akan membantu dalam menyiapkan proses persalinan. Apakah perlu tindakan operasi atau tidak. USG mendekati persalinan berfungsi untuk mengetahui apakah ada lilitan tali pusat atau tidak.

Mom, demikian 4 waktu yang tepat untuk melakukan USG. Jadi berikan yang terbaik untuk janin demi menjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading