Sukses

Parenting

Mitos Atau Fakta? Minum Obat Antidepresi Bikin Anak Lahir Autis

Setiap kehamilan wanita mungkin punya pengalaman berbeda, tapi semua orang pasti sudah tahu bahwa sebaiknya ibu hamil tidak minum obat-obatan karena bisa berpengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan.

Wanita hamil biasanya juga tak boleh stres, tapi justru saat hamil lah wanita jadi rentan stres. Dokter kemungkinan akan menyarankan minum obat antidepresan, tapi ada banyak pro kontra apakah penggunaan obat anti depresi ini aman dikonsumsi ibu hamil ataukah tidak.

Apalagi ada kabar bahwa minum obat anti depresi bisa menyebabkan anak lahir autis nantinya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan JAMA Pediatrics mengatakan bahwa obat anti-depresi kemungkinan bahaya untuk ibu hamil.

Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa wanita hamil yang minum obat anti depresi di usia kandungan trimester kedua dan ketiga bisa meningkatkan risiko kelahiran bayi autis lebih dari 80 persen.

Tapi pada kenyataannya, setelah dievaluasi secara ilmiah, risiko melahirkan anak autis diperhitungkan terjadi hanya pada 7 anak dalam 1000 kelahiran untuk ibu yang tidak minum obat antidepresi, sedangkan untuk ibu yang minum obat antidepresi hanya terjadi pada 12 anak dalam 1000 kelahiran.

Alison Stuebe M.D., dari University of North Carolina School of Medicine mengatakan bahwa kenaikan risiko hanya sekitar 0,5 persen. Penelitian lainnya bahkan mengatakan bahwa tak ada pengaruh obat antidepresi dengan kelahiran anak autis.

Tentu saja penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan untuk membuktikan hal ini. Tapi jika kamu tidak benar-benar perlu minum obat anti depresi, sebaiknya tak perlu mengonsumsi ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading