Sukses

Parenting

Tips Merencanakan Keuangan untuk Menyambut Kelahiran Bayi

Memiliki anak adalah impian setiap pasangan. Kehadiran anak adalah pelengkap dalam kehidupan pernikahan. Meskipun bukan tujuan utama pernikahan, kehadiran anak dalam pernikahan selalu dinantikan. Untuk itu perlu persiapan khusus dalam menyambutnya, termasuk masalah dana. Tidak hanya masalah biaya persalinan, biaya kontrol selama mengandung pun harus diperhitungkan.

Mom, berikut adalah cara untuk mempersiapkan biaya untuk menyambut kelahiran Bayi dari mengandung hingga persalinan. Yuk, intip penjelasannya sebagai berikut.

    Cek Pengeluaran Rutin

    Selama mengandung ada pengeluaran rutin, yaitu kontrol ke Dokter Kandungan. Siapkan dana ini hingga 9 bulan ke depan. Estimasi biaya pun sudah dapat Mom siapkan sejak kabar kehamilan diterima. Untuk pengeluaran rutin ini Mom dapat menyisihkan dari pendapatan yang diterima setiap bulannya.

    Menyiapkan Biaya Persalinan

    Biaya persalinan merupakan biaya jangka pendek, Mom dapat menyiapkan sejak awal dengan memperhitungkan Mom akan melahirkan di mana. Pilihan rumah sakit pun menjadi perhitungan, jika biaya persalinan ditanggung asuransi maka hal ini akan lebih membantu, usahakan untuk memilih Rumah Sakit rekanan perusahaan asuransi yang Mom miliki.

    Dana Pendidikan dan Asuransi Kesehatan

    Kedua dana ini memang penting disiapkan sejak kehamilan anak. Dana pendidikan dan asuransi kesehatan merupakan kebutuhan jangka panjang. Mom dapat memperhitungkan berapa tahun, si kecil membutuhkan dana tersebut. Untuk keperluan dana jangka panjang, Mom dapat menyimpan uang dengan melakukan investasi. Pilih investasi yang tepat agar tidak memberatkan sekaligus minim risiko.

Penuhi semua kebutuhan jangka pendek si kecil, baru kemudia memikirkan kebutuhan jangka panjangnya. Untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, Mom dapat memenuhinya dengan cara menabung. Sedangkan untuk kebutuhan jangka panjang, Mom dapat melakukan investasi. Kerja sama yang baik antara Mom dan suami sangat penting. Bicarakan hal ini sebaik mungkin, untuk menghindari salah paham. Nah, sudah siap untuk menyambut kehadiran si Buah Hati?

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading