Sukses

Parenting

Moms, Memakai Bra Saat Hamil dan Menyusui Ada Aturannya Sendiri

Selama masa kehamilan dan menyusui, kita tak bisa asal pakai bra. Tak boleh asal pakai bra yang desainnya bagus tapi nggak nyaman. Tak bisa juga pakai bra seharian penuh. Ternyata ada aturan dan panduan sendiri soal memakai bra selama masa kehamilan dan menyusui.

Moms, kita pasti bisa merasakan langsung kalau ada perubahan yang terjadi pada payudara selama menjalani kehamilan dan pada saat memberi ASI eksklusif. Seperti yang dikutip oleh breastfeeding.asn.au, sebagian wanita akan merasakan payudaranya membesar selama hamil untuk menyiapkan diri menyusui kelak. Perubahan ukuran payudara ini bisa terjadi saat usia kehamilan memasuki empat bulan.

Bolehkah Pakai Bra Berkawat (Underwire Bra)?
Memakai bra berkawat (underwire bra) memang bisa membuat payudara terlihat lebih padat dan tersangga dengan kuat. Tapi selama kehamilan dan masa menyusui, bolehkah pakai bra berkawat ini?

Saat Moms dalam masa memberi ASI eksklusif, ukuran payudara bisa membesar dan mengecil sepanjang hari. Hal ini karena ada pengaruh produksi air susu dan juga proses pemberian ASI itu sendiri.


Kalau pakai bra berkawat di masa menyusui, payudara bisa tertekan. Akibatnya, tekanan itu bisa menyebabkan tersumbatnya duktus susu. Bahkan bisa menyebabkan masititis, peradangan payudara biasanya disebabkan oleh infeksi. Dengan kata lain, selama masa kehamilan dan menyusui sebaiknya hindari penggunaan bra berkawat (underwire bra).

Pilih Bra Khusus (Maternity Bra)
Umumnya bra yang didesain untuk ibu hamil juga bisa digunakan untuk ibu menyusui. Bra ini biasanya memiliki label khusus, yaitu maternity bra dan nursing bra. Bra ini memiliki lapisan cup tambahan yang bisa dibuka dan ditutup. Tujuannya agar lebih memudahkan ibu ketika memberi ASI atau menyusui. Pilih bra yang ukurannya pas dengan payudara Anda dengan lapisan cup yang mudah dibuka dan ditutup. Selain itu, pilih bra dengan bahan katun atau yang lembut di kulit, ya Moms. Tak perlu memilih yang banyak rendanya atau detail aksesoris lainnya.

Contoh bra khusus untuk ibu menyusui. | Foto: copyright nursingbraexpress.com

Bolehkah Pakai Bra Saat Tidur?
Untuk hal yang satu ini bisa tergantung pada kondisi Moms sendiri. Ada yang lebih nyaman tidur tanpa bra. Tapi ada yang justru perlu pakai bra untuk menyangga payudara saat tidur. Kalau mau memakai bra saat tidur, ada baiknya pilih bra berbahan lembut dan tak berkawat, ya Moms.

Cuci Bra dengan Sabun Berbahan Lembut
Sebaiknya bra dicuci dengan tangan dan menggunakan sabun berbahan lembut. Jadi, jangan mencucinya dengan mesin cuci. Selama masa menyusui, Moms mungkin perlu mengganti bra lebih sering dari biasanya. Karena biasanya bra jadi cepat kotor kena air susu atau karena sering dibuka tutup.

Bra yang dipilih pun ukurannya harus pas, jangan kebesaran apalagi kekecilan. Selalu utamakan kenyamanan dan faktor keamanan, ya Moms.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading