Sukses

Parenting

Mom, Ini Lho 5 Tanda Pasti Si Kecil Sudah Siap Untuk Bersekolah

Biasanya pertimbangan utama setiap anak untuk mulai bersekolah adalah usia. Usia 4-5 tahun adalah usia yang ideal untuk buah hati mulai masuk ke taman kanak-kanak. Nah, Mom ternyata tidak semua anak siap untuk memasuki dunia sekolah sekalipun usia mereka sudah terbilang cukup.

Kesiapan seorang anak untuk bersekolah memang sangat dan mempengaruhi tumbuh kembang si anak. Ini akan mempengaruhi motivasi dan cara pandang mereka tentang sekolah. Buah hati yang sebenarnya belum siap sekolah namun terpaksa bersekolah hanya akan berisiko mendapatkan prestasi yang kurang memuaskan. Nah, berikut ini adalah beberapa tanda pasti si kecil sudah siap untuk bersekolah.

 

  • Jika buah hati sudah bisa mengikuti instruksi dan melakukannya dengan benar maka dia sudah siap untuk masuk sekolah Mom. Anak-anak membutuhkan poin penting ini untuk berinteraksi dengan guru dan juga teman mereka di kelas.
  • Tanda kedua adalah si kecil sudah mulai bisa dan berani untuk ke kamar mandi sendiri dan mengenakan baju. Hal-hal kecil seperti ini memang perlu dibiasakan dan jadi tanda penting kalau si kecil sudah siap untuk bersekolah.
  • Si kecil sudah mengenal huruf alphabet dan angka. Mayoritas guru menganggap bahwa anak-anak yang setidaknya sudah akrab dengan berhitung dan mengeja sudah siap untuk bersekolah.
  • Jika sang buah hati sudah bisa menggunting dan memegang pensil dengan benar maka ia sudah siap. Si kecil akan membutuhkan keterampilan motorik halus ini saat bersekolah.
  • Last but not least, si kecil punya ketertarikan untuk 'membaca' buku dengan menceritakan sebuah cerita berdasarkan gambar. Di usia tersebut anak-anak memang akan mulai mengembangkan bahasa mereka.

Nah Mommy, jika buah hati memang sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut berarti ia memang sudah siap untuk memasuki kehidupan sekolah. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading