Sukses

Parenting

Waspada Bunda, Membiarkan Bayi Tidur di Mobil Sebabkan Kematian

Saat merawat dan menjaga buah hati khususnya buah hati yang masih bayi, setiap orang tua dituntut agar ia merawat dengan baik. Diharapkan, setiap orang tua juga tak pernah melalaikan kesehatan serta keamanan juga kenyamanan bayi. Lalai sedikit saja, hal bisa menyebabkan suatu hal yang sangat fatal buat bayi. Lebih mengerikan lagi, kelalaian dari orang tua nampaknya juga bisa menyebabkan bayi meninggal dunia.

Sebuah kisah tragis dan menyedihkan kali ini datang dari seorang bayi yang masih berusia 11 bulan. Bayi tersebut diketahui bernama Stepard Dodd. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, bayi laki-laki yang manis, imut serta menggemaskan tersebut telah meninggal dunia pada awal tahun lalu tepatnya bulan April 2015. Apa yang membuatnya meninggal? Apakah ia sakit dan tak segera dibawa ke rumah sakit sehingga ia meninggal?

Bayi Stepard Dodd | Photo: Copyright diyhilfe.com

Jawabannya tidak Bunda. Dari beberapa laporan yang ada, bayi Stepard meninggal dunia setelah ia dibiarkan tidur di kursi khusus di mobil oleh sang pengasuh. Menurut keterangan polisi, sang pengasuh telah membiarkan bayi tersebut tidur di mobil dengan posisi duduk yang kurang nyaman di jok belakang. Karena posisi duduk yang kurang nyaman dan tidak terlalu diawasi inilah, diperkirakan bayi Stepard mengalami sesak nafas hingga akhirnya ia meninggal. Dari laporan yang ada, pengasuh juga sempat meninggalkan Stepard berada di dalam mobil sendirian selama beberapa waktu sebelumnya.

Atas apa yang menimpa buah hatinya, pasangan Ali dan Derek Dodd mengaku bahwa mereka sangat menyesal. Mereka juga sangat sedih atas kepergian buah hati tercinta mereka. Kisah sedih dan tragis ini sendiri berawal ketika seperti biasa pasangan ini selalu menitipkan buah hatinya ke penitipan anak yang terpercaya di dekat tempat tinggal mereka. Mereka juga telah memilih pengasuh terpercaya untuk buah hati mereka selama mereka bekerja dan meninggalkan buah hati mereka. Tapi sayang, saat itu, sang pengasuh yang mereka percaya meninggalkan buah hatinya tidur sendiri di kursi dalam mobil.

Membiarkan bayi tidur di jok mobil bisa berakibat fatal | Photo: Copyright mirror.co.uk

Saat pengasuh ingin mengambil bayi Stepard, pengasuh terkejut karena mendapati bayi berusia 11 bulan tersebut sudah tak bernyawa. Beberapa ahli yang menyelidiki kasus ini akhirnya mengungkapkan bahwa kemungkinan besar bayi Stepard mengalami sesak nafas selama ia tidur di kursi mobil. Sesak nafas inilah yang selanjutnya dipercaya menyebabkan Stepard meninggal dunia.

Apa yang menimpa Stepard setidaknya telah membuat orang tuanya merasa sangat terpukul. Kejadian ini juga telah membuat orang tuanya melakukan penggalangan dana di facebook. Ali dan Derek bahkan telah berkampanye agar setiap orang tua tak pernah meninggalkan buah hatinya sendiri. Pasangan ini juga menyarankan agar setiap orang tidak pernah membiarkan buah hatinya yang masih bayi duduk atau tidur di kursi mobil terlalu lama.

Stepard bersama sang kakak | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Ali mengatakan, "Kami tak ingin apa yang menimpa buah hati kami menimpa anak-anak lainnya. Ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi setiap orang tua agar tidak pernah meninggalkan buah hatinya sendirian. Kejadian ini juga bisa menjadi pelajaran berharga bagi setiap orang tua agar mereka tak membiarkan buah hati duduk atau tidur sendiri di kursi mobil. Kami ingin agar mulai saat ini setiap orang tua mau mendidik, menjaga dan merawat buah hati dengan baik, tulus serta jangan pernah lepas pengawasan untuk buah hati."

Kasus kematian dari Stepard ini sendiri setidaknya tak hanya membuat orang tuanya terpukul dan menyarankan agar setiap orang tua lebih cermat saat merawat serta menjaga buah hati. Sementara itu, Vemale lansir dari laman lain yakni kfor.com, Lucy Lyus yakni seorang Manajer Penelitian untuk The Lullaby Trust mengatakan bahwa kursi mobil bukan tempat terbaik untuk bayi melakukan istirahat. Setiap orang tua sudah seharusnya menghindari membiarkan bayi duduk atau tidur di kursi atau jok mobil. Membiarkan bayi tidur di kursi mobil dalam waktu lama justru akan memungkinkan sistem peredaran darah bayi tidak bekerja dengan baik. Ini juga memungkinkan bayi mengalami sesak nafas dan mengalami gangguan pada sistem pernafasannya.

Stepard bersama keluarganya saat ia masih hidup | Photo: Copyright diyhilfe.com

Bunda, semoga kisah ini bisa menjadi pelajaran berharga buat kita semua agar tidak melalaikan kenyamanan serta keamanan buah hati. Semoga pula, kisah tragis seperti tak pernah terjadi lagi. Kalau pun ingin buah hati selalu aman dan nyaman saat melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, sangat disarankan agar bunda dan ayah senantiasa menggendong buah hati dan jangan pernah membiarkannya tidur di jok mobil.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading