Sukses

Parenting

Kekuatan Pelukan Lembut Untuk Kesehatan Si Kecil

Duh si kecil seharian ini badannya sedikit panas dan lemas. Kalau sudah begini Ladies jadi khawatir dan mencurahkan segala waktu untuk merawatnya. Tapi ternyata, anak-anak juga membutuhkan pelukan lembut untuk meringankan rasa sakitnya. Ada alasan kuat di baliknya lho. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Membuat Tubuh Rileks

Badan yang sedang sakit tentunya terasa kurang nyaman dan dapat memicu rasa tegang serta stress akhirnya malah mengganggu istirahat si kecil. Pelukan lembut dapat membantu si Kecil merasa lebih nyaman karena dapat memicu hormon oksitoksin. Pelepasan hormon ini dapat memberikan perasaan tenang dan relaksasi. Luangkan waktu sedikit lebih lama untuk melakukannya, sehingga tubuhnya dapat bersandar pada Ladies dan memungkinkan otot-ototnya untuk bersantai.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Jadwal si kecil yang padat dengan berbagai kegiatan dapat memicu rasa stres. Jika dibiarkan, dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya lho. Apalagi saat sedang musim flu, kemungkinan besar anak-anak akan mudah terserang batuk dan pilek. Untuk menurunkan kadar stres, coba deh lebih sering memberikan pelukan lembut, misalnya saat akan berangkat sekolah, pulang dari sekolah, pergi tidur, dan pagi hari setelah bangun tidur.

Jauh dari Penyakit Degeneratif

Stres tidak hanya dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, tapi jika dibiarkan dapat mempengaruhi tekanan darah dan kesehatan jantung. Jangan biarkan hal ini terjadi, dengan memberikan perhatian pada si kecil, seperti memeluknya. Pelukan hangat dipercaya dapat memicu hormon oksitoksin dan menurunkan hormon kortisol dalam tubuh. Jika tidak ingin anak-anak terserang penyakit jantung dan hipertensi sejak dini, yuk berikan pelukan hangat pada mereka.

Menghindari Depresi

Kehidupan anak-anak seharusnya diisi dengan hal-hal menyenangkan dan penuh tawa. Tapi karena belum bisa mengendalikan emosi sebaik orang dewasa, si kecil bisa jadi lebih mudah depresi saat menghadapi kesulitan. Mulai dari kurang mampu mendapatkan nilai baik di sekolah atau diejek oleh teman sekolahnya.

Kenali perubahan tingkah dan moodnya ya Ladies. Apabila anak-anak mulai mudah tersinggung, malas makan, dan susah tidur ada kemungkinan ia mengalami stres dan depresi. Selain mengajaknya berbicara, pelukan hangat dapat meningkatkan produksi kadar dopamine dan serotonin di otak. Tidak hanya membantu meringankan depresi, tapi juga memperbaiki suasana hati. Si kecil jadi ceria lagi deh!

Menurunkan Suhu Tubuh

Ladies pasti sering merasa panik saat suhu tubuh si kecil mulai naik. Sebelum memberikannya obat penurun panas, lakukan beberapa cara untuk membuatnya merasa nyaman. Mulai dari memberikan kompres air hangat, membujuknya untuk cukup minum, dan memeluknya. Pelukan hangat seperti skin to skin, dipercaya dapat membantu suhu tubuh anak-anak menjadi kembali normal.

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari pelukan hangat. Yuk Ladies tidak ada salahnya membiasakan diri melakukannya untuk si kecil setiap hari.

 

(adv/eth/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading