Sukses

Parenting

20 Detik Pelukan Lembut Ubah Masa Depan Si Kecil

Senangnya bisa memeluk si kecil, merasakan kulitnya yang lembut dan baunya terutama saat bangun tidur. Kurang sempurna rasanya jika tidak memulai hari dengan cuddling di tempat tidur bersamanya. Selain menjadi ungkapan kasih sayang, pelukan lembut selama 20 detik bisa membawa perubahan positif buat anak-anak lho. Yuk kenali manfaat-manfaatnya berikut ini.

Mencerdaskan Anak

Memeluk mungkin tidak bisa menaikkan IQ si kecil, tapi dapat membuatnya lebih pintar. Hal ini ditunjukkan oleh para peneliti di Washington University School of Medicine di St Louis, yang memperlihatkan ukuran otak yang lebih besar pada anak-anak yang dirawat dengan penuh kasih, ketimbang anak yang diabaikan. Dengan memberikan lingkungan yang penuh kasih dan rasa aman lewat sebuah pelukan, Ladies secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan kecerdasannya.

Mengurangi Stres

Anak-anak memang memberikan warna tersendiri pada kehidupan keluarga, tapi tidak jarang juga mengenalkan tingkat stres yang belum pernah dialami sebelumnya. Sebut saja saat anak sakit, tidak mau makan, hingga mulai bisa membantah. Jika kamu dan si kecil merasa memiliki hari yang berat, cara terbaik untuk mengatasinya adalah berhenti dan mulai memeluknya.

Pelukan selama 20 detik setara dengan 10 menit berpegangan tangan, dapat mengurangi efek buruk stres terhadap kesehatan. Seperti yang dijelaskan dalam situs mercola.com, memeluk meningkatkan kadar “hormon cinta” oksitoksin, sehingga dapat menurunkan kadar stres, dan mendapatkan mood yang lebih baik.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Tidak hanya mengurangi stres, hormon oksitoksin yang dipicu oleh pelukan juga dapat menunjang kesehatan si kecil. Mulai dari memulihkan tubuh dari kelelahan, membantu melawan infeksi dari dalam tubuh, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Peluk anak-anak secara rutin, misalnya saat bangun di pagi hari atau sebelum tidur, untuk menjaga kesehatan tubuhnya lebih baik.

Menyampaikan Rasa Cinta

Orang-orang yang sudah dewasa selalu menuntut perhatian dan rasa cinta dengan cara-caranya sendiri. Tapi tidak dengan anak-anak. Ladies hanya cukup melihat mata mereka, memberi perhatian, tersenyum padanya, dan melakukan kontak fisik saja sudah membuat si kecil merasa nyaman dan dicintai. Walaupun saat mereka nakal dan berulah, bahkan setelah kamu memarahinya, sebuah pelukan dapat memberikan rasa nyaman dan aman, sehingga ia berkembang menjadi pribadi yang lebih positif.

Memperkuat Hubungan Orangtua dan Anak

Saat kamu memiliki hari yang sibuk dan padat, seperti dikunjungi banyak tamu, bekerja, dan mengurus rumah, cara terbaik untuk menjalin hubungan baik dengan anak-anak adalah melalui pelukan. Kontak fisik yang singkat ini menandakan sesibuk apapun dirimu, si kecil masih mendapatkan perhatian yang sama besarnya. Dan di sisi lain, kadang-kadang pelukan menjadi satu-satunya cara buat anak-anak untuk mengungkapkan perhatian pada orangtuanya.

Membantu Anak Mengatur Emosi

Anak adalah makhluk kecil penuh dengan luapan emosi. Ladies pasti sudah familiar dengan istilah tantrum dong. Melihat si kecil menangis, menjerit, dan marah-marah terkadang membuat kamu sendiri kehilangan kesabaran dan justru memarahinya. Bukannya malah berhenti, sikap anak malah menjadi-jadi.

Ambil nafas panjang dan tawarkan pelukan padanya. Rasa cemas, takut, dan kecewa yang dirasakan anak-anak dapat diredakan dengan hormon oksitoksin yang dipicu oleh pelukan. Setelah mulai tenang, baru tanyakan alasan dan mencari cara untuk mencari solusi bersama-sama.

Banyak kan manfaat berpelukan bagi orangtua dan anak, yuk lakukan sekarang, 20 detik saja.

(adv/eth/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading