Sukses

Parenting

Tidur Lebih Awal Bikin Anak Lebih Sehat

Anak yang terbiasa tidur malam berpotensi mengalami masalah kesehatan di kemudian hari. "Studi menunjukkan bahwa anak-anak akan mendapatkan keuntungan kesehatan jika memiliki rutinitas tidur," kata Sarah Anderson, profesor epidemiologi di Ohio State University College of Public Health dan penulis utama studi tersebut.

Anak-anak pra sekolah yang pergi tidur antara pukul delapan hingga sembilan malam, hanya sekitar 16 persennya yang mengalami obesitas di masa remaja. "Penelitian lain menyebutkan bahwa rutinitas tidur lebih awal juga memberi manfaat telah menunjukkan manfaat bagi perilaku, perkembangan kognitif dan kemampuan fokus anak-anak tersebut," tambah Anderson.

Tapi bagaimana tepatnya kebiasaan tidur lebih awal berpengaruh terhadap kesehatan anak-anak di kemudian hari?

"Pertama, anak-anak yang memiliki rutinitas tidur lebih awal lebih mungkin untuk tidur yang cukup. Tidak cukup tidur dapat mengakibatkan perubahan hormon nafsu makan dan metabolisme yang berakhir pada kegemukkan," kata Anderson.

Selain itu, terjaga lebih lama pada malam hari mungkin mendorong anak untuk ngemil dan makan lagi, serta melihat iklan televisi yang mempromosikan camilan," kata Anderson. Anderson merekomendasikan anak-anak prasekolah sudah pergi tidur pada pukul delapan malam untuk mencegah obesitas di kemudian hari.

Selain bermanfaat mencegah kegemukkan, rutinitas tidur lebih awal juga bermanfaat untuk otak anak-anak. "Tidur awal memberi kesempatan bagi otak untuk melakukan proses restoratif lebih lama. Ini penting untuk perbaikan dan pemulihani otak dan tubuh," kata Reut Gruber, peneliti di McGill University di Kanada dan direktur Attention, Behavior and Sleep Lab di Douglas Mental Health University Institute.

Saran untuk untuk orang tua

Aturlah waktu tidur yang tepat berdasarkan jumlah waktu tidur yang diperlukan oleh anak. American Academy of Sleep Medicine merekomendasikan pedoman sebagai berikut:

Bayi 4 bulan sampai 12 bulan selama 12 sampai 16 jam
Anak usia 1 sampai 2 tahun selama 11 sampai 14 jam
Anak usia 3 sampai 5 tahun selama 10 sampai 13 jam
Anak usia 6 sampai 12 tahun selama 9 sampai 12 jam
Remaja 13 sampai 18 selama delapan sampai 10 jam.

Perkiraan waktu tidur malam yang baik untuk bayi adalah pada pukul tujuh malam, balita pada pukul setengah delapan, anak-anak yang lebih muda pada pukul delapan, pra remaja pada pukul setengah sembilan dan remaja antara pukul sembilan sampai setengah sebelas malam, menurut Harriet Hiscock, associate professor di Murdoch Childrens Research Institute di Australia.

"Tidak ada aturan baku dan kaku untuk anjuran waktu tidur ini. Namun setidaknya anak-anak dibiasakan punya rutinitas tidur dan memastikan mereka cukup istirahat karena itu yang lebih penting," katanya lagi.

Sumber: meetdoctor

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading