Sukses

Parenting

Payudara Gatal Saat Hamil, Normal Nggak Sih?

Saat sedang hamil, tubuh akan mengalami sejumlah penyesuaian dan perubahan. Mulai dari berat badan yang bertambah hingga payudara yang sering gatal. Yaps, banyak wanita yang merasa payudaranya sering gatal saat tengah mengandung.

Tapi normal nggak sih hal ini? Kadang rasanya jadi bikin cemas sendiri ketika payudara sering terasa gatal saat hamil. Apakah kondisi ini masih tergolong aman? Atau malah jangan-jangan jadi indikasi gangguan kesehatan yang lain? Well, nggak usah panik, Moms. Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, payudara gatal saat hamil ternyata tergolong normal.

Wanita hamil umumnya akan merasakan payudaranya gatal dan mengencang satu minggu setelah implantasi (pelekatan embrio pada dinding rahim). Pada tahap ini, payudara mengalami sejumlah penyesuaian yang berkaitan dengan berubahnya siklus menstruasi.

Naik turunnya kadar hormon dan berkembangnya janin dalam rahim membuat tubuh mengalami sejumlah perubahan. Dan payudara yang terasa gatal merupakan salah satu gejala yang paling sering dirasakan wanita selama kehamilan.

Puting yang mengencang dan payudara yang gatal saat hamil bisa terjadi karena pembentukan sel-sel penghasil air susu serta bertambahnya lemak di payudara. Perubahan hormon di dalam tubuh selama kehamilan bisa meningkatkan aliran darah ke payudara, sehingga membuat payudara lebih besar serta kadang-kadang disertai rasa gatal.

Selain rasa gatal, payudara juga akan terasa lebih padat dan nyeri apalagi kalau disentuh. Rasa gatal dan nyeri bisa berbeda di setiap trimester kehamilan. Pada trimester ketiga kehamilan misalnya, payudara yang gatal merupakan tanda sedang mempersiapkan diri untuk menyusui setelah melahirkan nanti.

Kalau masih juga sering terganggu dan cemas dengan kondisi yang dirasa, segera berkonsultasi dengan dokter, ya. Semoga info ini bermanfaat, Moms!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading