Sukses

Parenting

5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tespek Kehamilan

Banyak wanita mungkin tak tahu banyak tentang alat tes kehamilan atau biasa disebut tespek. Tapi bagaimana pun juga, sebagai wanita kamu harus tahu satu dua hal tentang tespek, karena nantinya kemungkinan kamu juga membutuhkannya.

    Beli mahal tak menjamin hasil

    Di apotek ada berbagai jenis dan bentuk tespek, ada yang murah hingga yang mahal. Namun jangan kira jika kamu beli yang mahal kamu bisa mendapat hasil yang akurat. Harga tespek tak menjamin keakuratan hasil tes kehamilan.

    Keakuratan tes ditentukan waktu

    Hampir semua tespek sama saja, yang membedakan hasilnya adalah waktu kamu melakukan tes. Kebanyakan dokter atau ahli kandungan akan menyarankan melakukan tes kehamilan di pagi hari saat kamu buang air kecil pertamamu. Karena di sinilah hormon kehamilan memiliki kadar tinggi sehingga bisa menentukan apakah kamu hamil atau tidak. Kamu bisa mendapatkan hasil berbeda dengan dua tespek yang sama jika kamu melakukan dalam waktu berbeda. Jadi bukan salah tespeknya.

    Hasil positif 97-99 persen akurat

    Jika tespek menunjukkan dua garis berarti kamu positif hamil, dan hasil seperti ini sangat jarang sekali salah. Jadi jika kamu tak berencana punya anak lagi tapi tespek menunjukkan positif, kemungkinan besar kamu memang hamil.

    Hasil negatif belum tentu kamu tidak hamil

    Begitu pula jika kamu mendapat hasil negatif, bukan berarti kamu tidak hamil. Bisa jadi karena hormon kehamilan dalam tubuhmu sedang sedikit. Hal ini bisa terjadi karena kamu banyak minum air putih sehingga kadar hormon sedikit dalam urin dan kemungkinan kamu melakukannya di siang hari setelah kamu berkali-kali buang air kecil.

    Tespek juga bisa kadaluwarsa

    Seperti halnya makanan dan minuman atau obat-obatan, tespek juga punya masa berlaku dan kadaluwarsa. Coba lihat berapa lama tespek bisa digunakan, karena ketika tespek kadaluwarsa, hasilnya juga tak akan efektif untuk tes kehamilan.

Jadi, itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang tespek atau alat tes kehamilan. Jika masih tak percaya dengan hasil tespek, kamu bisa periksa langsung ke dokter ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading