Sukses

Parenting

Tips Hilangkan Grogi Buah Hati Sebelum Ujian di Sekolah

Jika Mommy memiliki anak yang sedang bersekolah, tentu ujian jadi hal yang sangat penting bagi si anak. Nah, ujian ini sedikit banyak akan menimbulkan rasa cemas pada si kecil. Bahkan tak sedikit yang sampai stres dan ketakutan memikirkan ujian ini. Ujian menjadi hal yang sangat penting di jaman kompetisi seperti ini. Karenanya peran orang tua sangat penting untuk membuat anak tak merasa tertekan atau grogi saat akan mengerjakan ujian di sekolah mereka.

Mengerjakan ujian sekolah dengan baik dianggap berkaitan langsung dengan keberhasilan mereka di masa depan. Ketakutan terhadap rasa gagal saat mengerjakan ujian ini akan menimbulkan kecemasan yang ekstrim, rendah diri, depresi, agresi dan bahkan kecenderungan bunuh diri. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu anak melewati fase ini.

  • Tips pertama yang bisa Mommy lakukan adalah dengan menemani mereka belajar. Tak perlu memberikan banyak masukan, ini akan malah menekan mereka. Jika anak adalah tipikal yang tak suka ditemani maka dukunglah dengan memberikan camilan atau minuman kesukaan mereka sebagai teman belajar. Dengan begini mereka akan lebih enjoy. Yakinkan pula bahwa ujian bukan hal yang menakutkan sehingga mereka lebih bisa mengerjakannya tanpa beban.
  • Jangan membebani anak dengan pekerjaan rumah saat mereka sedang melaksanakan ujian. Berikanlah waktu seluang-luangnya untuk mereka fokus belajar.
  • Bantu anak menyusun jadwal agar lebih mudah dalam belajar. Sediakan pula fasilitas yang mereka butuhkan untuk fokus belajar.
  • Jangan pula menuntut mereka untuk mendapatkan nilai sempurna. Tekanan dari orang tua agar mereka mendapatkan nilai bagus justru hanya akan membuat mereka stres dan grogi sebelum ujian.
  • Buang jauh kebiasaan menghukum anak saat mereka mendapatkan nilai yang buruk. Ini akan membuat mereka merasa tertekan setiap mengerjakan ujian.
  • Berikan waktu bermain untuk anak-anak agar mereka tak terlalu stres memikirkan ujian dan pelajaran di sekolah.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips mudah yang bisa Mommy lakukan untuk mendukung si kecil agar tak sampai stres saat menjalani ujian di sekolah. Semoga informasi ini bermanfaat ya Mom, selamat mencoba.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading