Sukses

Parenting

Kapan Saat Yang Tepat Bagi Bayi Mulai Menyikat Gigi?

Salah satu tanda perkembangan fisik bayi yang menonjol adalah tumbuhnya gigi susu. Gigi susu pada bayi memang sifatnya sementara, sampai akhirnya gigi-gigi ini akan tanggal digantikan gigi dewasa. Tetapi, perawatan pada gigi susu tak kalah penting juga lho, Mom.

Mengapa perawatan gigi susu sangat penting? Gigi susu yang bermasalah dapat menyebabkan bayi kesulitan makan bahkan kesulitan bicara. Jika tidak dirawat dengan baik, maka akan berpengaruh pada pertumbuhan gigi dewasa yang cenderung rapuh.

Mungkin banyak di antara Mom bertanya-tanya, "Kapan sih waktu yang tepat mulai menyikat gigi bayi?". Mom, sebetulnya saat gigi susu muncul pertama kali, Mom sudah bisa menyikat gigi bayi kok. Gunakan washcloth lembut dan bersih, rendam dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut pada gigi bayi setelah makan dan sebelum tidur.

Jika gigi si kecil sudah mulai banyak jumlahnya, Mom bisa menggunakan sikat gigi khusus bayi yang ukuran sikatnya tidak lebih besar daripada beras ya, Mom. Pilih sikat gigi yang sangat halus dan bulu-bulunya tidak lebih dari tiga baris. Biasanya sikat gigi untuk bayi bentuknya seperti selubung yang dimasukkan ke dalam jari telunjuk Mom.

Foto: copyright aliexpress.com

Lalu, apakah bayi membutuhkan pasta gigi untuk membersihkan mulutnya? Para dokter gigi menyarankan untuk menggunakan pasta gigi berflouride khusus untuk bayi. Tidak perlu menunggu hingga usia 2 tahun kok, Mom, untuk menggunakan pasta gigi berflouride.

Penggunaan pasta gigi pada bayi ini sebaiknya hanya sebesar ukuran beras. Semakin bertambahnya usia, hingga tiga tahun, pasta gigi yang diperlukan pun hanya sebesar biji kacang. Pasta gigi berflouride ini bermanfaat untuk menjaga kekuatan gigi bayi dan mencegah terbentuknya karang gigi.

Nah, Mom, itu dia informasi seputar langkah awal menyikat gigi pada bayi. Semoga informasi ini berguna ya, Mom.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading