Sukses

Parenting

Berikut Waktu yang Tepat untuk Memulai MPASI

Mom, tentu pernah merasa ragu kapan waktu yang tepat untuk memulai memberikan makanan pendamping bagi si kecil. Memberikan makanan pendamping yang tepat akan membantu meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh anak. Jadi, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI)? Penjelasan ini akan membantu Mom, dalam membuat keputusan.

Banyak yang menganggap bahwa waktu yang tepat untuk memberikan MPASI adalah saat bayi berumur 4 bulan. Kenyataannya, waktu terbaik untuk memberikan MPASI adalah 6 bulan. Pertumbuhan setiap bayi memang berbeda, maka kamu tidak bisa membandingkan dan memukul rata. Namun, untuk mengetahui apakah si kecil sudah siap memulai MPASI terdapat cirinya. Berikut adalah ciri apakah si kecil sudah siap memulai MPASI atau belum.

  1. Jika si kecil sudah memiliki koordinasi antara mata, mulut dan tangannya. Hal ini dapat ditandai dengan kemampuan dia mengambil makanan dan memasukkannya pada mulut.
  2. Jika si kecil sudah mampu duduk sendiri, maka itu menunjukkan bahwa dia siap untuk mendapatkan MPASI.
  3. Saat kamu makan, dia tertarik untuk memakannya.
  4. Dia sudah mulai belajar untuk menelan makanan.

Yang perlu Mom, ketahui tidak semua ciri di atas dapat menjadi patokan bahwa si kecil sudah siap untuk memulai MPASI nya. Karena kamu perlu ingat, bahwa tumbuh kembang setiap anak berbeda. Untuk mengetahui lebih detailnya lebih baik kamu mencoba untuk berkonsultasi bersama dokter ahli.
Untuk memulai memberikan MPASi kamu dapat memulainya dengan memberikan satu sendok teh, makanan padat setiap harinya. Pengenalan makanan pada si kecil memerlukan kesabaran yang luar biasa. Selalu coba untuk memberikan makanan yang berbeda setiap harinya. Untuk menghindari alergi, jangan menambahkan MSG atau penambah rasa lainnya seperti gula, dan garam.

Seiring dengan pemberian MPASI maka jumlah konsumsi ASI si kecil berkurang, jika selama ini mencapai 800ml per hari, saat mulai MPASI berkurang hingga 600ml per hari. Hal ini dikarenakan kebutuhan nutrisi si kecil sudah dipenuhi dari MPASI. Selama memberikan MPASI jangan membuat Mom, berhenti mmebri ASI. Ingat bahwa si kecil berhak mendapat ASI hingga berumur 2 tahun.

Bagaimana Mom, sudah siap untuk memberikan MPASI pada si kecil? Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading