Sukses

Parenting

Cara Mencuci Cloth Diapers Agar Bersih Maksimal dan Awet

Mom, jika Mom adalah ibu yang memilih menggunakan cloth diapers (clodi) ketimbang pospak (popok sekali pakai), tentunya merasa risih jika clodi tidak dicuci dengan bersih. Clodi yang tidak dicuci dengan bersih akan menimbulkan alergi pada kulit bayi dan pada pencucian berikutnya, akan menyisakan noda yang sulit dibersihkan. Aduh!

Pasalnya, mencuci clodi ternyata gak semudah yang dibayangkan ya Mom. Clodi biasanya terbuat dari bahan katun atau dilapisi bahan wool yang harus dicuci menggunakan tangan, bukan menggunakan mesin cuci. Nah, kalau Mom kebingungan bagaimana cara mencuci clodi yang benar, simak berikut ini.

Pertama-tama, yang perlu dilakukan adalah merendam clodi yang bernoda selama 1-2 jam dengan detergent yang telah diberi cairan pembersih noda khusus untuk pakaian. Tetapi sebelumnya perhatikan apakah bahan clodi boleh direndam dengan cara ini ya, Mom.

Kedua, Mom bisa merendam clodi dengan cairan bleaching untuk membunuh kuman penyebab infeksi. Lakukan bleaching 2 kali sebulan dan jangan terlalu sering karena bleaching dapat merusak serat-serat kain clodi.

Foto: copyright common.wikipedia.org

Untuk menghilangkan bau pada clodi, banyak orang menyarankan menambahkan baking soda ke dalam air cucian. Cara lain yang juga efektif adalah dengan menambahkan cuka putih sekitar 1 cangkir untuk setiap ember. Cuka putih, selain mengusir bau tak sedap, juga dapat melembutkan kain clodi.

Jika clodi yang digunakan berbahan katun, sebaiknya dicuci menggunakan air panas. Jangan lupa untuk melepas diapers covernya terlebih dahulu ya, Mom. Sebelumnya, awali dengan mencucinya terlebih dahulu dengan air dingin, barulah setelah itu direndam dengan air panas untuk mematikan bakterinya.

Setelah clodi dicuci dan dibilas dengan bersih, saatnya dikeringkan. Jika Mom menggunakan pengerin mesin cuci, pastikan melepas semua velcro agar tidak menempel pada kain clodi saat berputar di dalam mesin pengering. Setelah dikeringkan menggunakan mesin pengering, jemur dengan cara diangin-anginkan dan hindari sinar matahari langsung.

Itu dia cara mencuci dan mengeringkan clodi supaya bebas kuman, bersih, wangi dan awet. Selamat mempraktekkan!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading