Sukses

Parenting

Enam Kali Keguguran, Kecerobohanku Sendiri Penyebabnya

Ketika hamil, penting bagi wanita untuk lebih berhati-hati lagi. Mulai dari menjaga kesehatan, pola makan, dan juga mengatur kesibukan. Jika tidak, bisa-bisa petaka dan rasa kecewa yang didapat.

Shiera Heltiani Rachmadhayanti, wanita kelahiran Palembang ini punya pengalaman yang menyedihkan. Karena kesibukan, ia pernah sampai lupa menjaga kesehatan dan bayi dalam kandungannya. Mengalami keguguran sebanyak enam kali, ia sedih dan kecewa pada dirinya sendiri. Shiera pun berbagi cerita untuk para calon ibu agar kejadian yang sama seperti dirinya tidak terjadi.

"Aku nikah umur 19 tahun. Umur 21 punya anak dan sekarang usianya sudah 15 tahun. Tiga tahun kemudian aku hamil dan keguguran. Rata-rata usia janin didalam perutku 6-8 minggu," ungkap Shiera kepada Vemale di Jakarta (Selasa, 2 Agustus 2016).

Foto: copyright Vemale.com

Dirinya mengakui bahwa penyebabnya adalah karena ia tidak menjaga makanan, tidak menjaga kesehatan, dan sempat tidak sadar kalau ia sedang hamil.

"Jadi pernah keguguran, aku lupa kalo nggak salah yang keempat, aku nggak ngejaga, aku nggak tahu aku udah hamil lagi. Itu pas aku kuliah dan ujian semester lagi capek-capeknya, waktu perjalanan pulang ke rumah, hujan, aku lari-lari lewatin rel karena pengen cepet-cepat sampai rumah. Sampai rumah mules, berapa jam kemudian 4-5 jam keluar gumpalan ukurannya 3 cm," katanya.

Perasaannya langsung sedih dan menyesal karena sudah dikasih kepercayaan sama Tuhan tetapi ia tak menjaganya dengan baik. Shiera pun menangis dua sampai tiga hari kalau mengingat kejadian keguguran tersebut.

Foto: copyright Vemale.com

"Anak yang diharapkan banget sama suami ternyata keguguran. Nyesel dan sedih banget. Ini sekarang sedang hamil lagi dan sudah memasuki usia delapan bulan, ini pun juga sempat mau keguguran tapi dikasih obat penguat dari dokter. Aku harus ngejaga banget. Aku pun mengalami proses keguguran alhamdullilah tanpa dikuret kan sakit sekali ya, semua alami," jelas wanita kelahiran 1981 ini.

Shiera pun berpesan untuk semua ibu hamil, bila sudah niat untuk hamil dari awal harus bisa menjaga badan. Tidak boleh capek, tidak boleh tidur larut malam ,paling telat jam 23.00 malam sudah harus tidur, tidak boleh makan sambal dan minum yang mengandung kafein. Semua itu penting dilakukan agar tidak terjadi keguguran seperti yang dialaminya.

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading