Sukses

Parenting

10 Makanan Yang Tak Boleh Dimakan Wanita Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang seringkali perlu diperhatikan oleh banyak wanita dibanding saat mereka tak hamil. Agar pertumbuhan janin sehat dan tak mengalami masalah, ibu hamil perlu melakukan ini itu dan menghindari ini itu.

Dan bagi ibu hamil, 10 daftar makanan inilah yang seharusnya tak dikonsumsi selama mengandung.

    Makan untuk berdua

    Meski memang kamu sedang mengandung dan ada satu manusia kecil lagi di dalam perutmu yang juga butuh asupan nutrisi, bukan berarti kamu bisa makan dua porsi lebih. Lebih baik menjaga asupan makanan sesuai kebutuhan, karena ibu hamil yang terlalu gemuk juga tak baik untuk kesehatan ibu dan bayi.

    Hati

    Hati sapi mungkin enak dijadikan lauk karena kaya nutrisi seperti zat besi yang meningkatkan sel darah merah, tapi juga harus hati-hati mengonsumsi jati sapi karena terkadang mengandung cacing sehingga membahayakan kandungan.

    Daging olahan

    Daging olahan semacam sosis, kornet, bakso kemasan, tempura dan lain sebagainya sebaiknya dihindari karena umumnya mengandung banyak pengawet makanan dan bahan kimia yang tak baik untuk perkembangan janin.

    Salad sayur dan salad olahan

    Salad sayur mungkin tampak segar, tapi wanita hamil sebaiknya tidak makan yang mentah-mentah seperti salad sayuran, karena takutnya ada bakteri dan kotoran dari sayuran mentah yang membahayakan bayi. Hindari juga salad buah yang sudah diberi saus mayonaise, apalagi jika salad buah tersebut dibeli di luar, tidak dibuat sendiri.

    Jus kemasan

    Meski jus buah memang bagus, tapi sebaiknya minum yang asli buah membuat sendiri. Jangan membeli jus kemasan yang banyak pengawet, pemanis buatan dan bahan kimia tambahan lainnya.

    Daging mentah atau setengah matang

    Daging seperti sushi yang mentah sebaiknya tak dimakan. Memasak daging di rumah pun harus matang benar, jangan setengah matang. Tak ada yang tahu bakteri apa yang bisa membahayakan kandungan, karena terkadang sistem pertahanan wanita dewasa melemah terhadap infeksi saat hamil.

    Telur mentah atau setengah matang

    Begitu juga dengan telur, sebaiknya masak hingga matang benar. Jangan minum STMJ atau makan telur rebus atau ceplok setengah matang untuk menghindari kemungkinan bakteri yang masuk ke tubuh.

    Ikan dengan kadar merkuri tinggi

    Ikan dengan kadar merkuri tinggi seperti tuna, salmon dan berbagai ikan laut dalam sebaiknya tak dikonsumsi. Termasuk menghindari ikan kalengan yang tak hanya kaya merkuri, tapi juga pengawet makanan.

    Kopi

    Kopi mungkin enak diminum pagi hari, tapi sebaiknya ibu hamil tak minum kopi dulu, karena kadar kafein bisa mempercepat detak jantung dan tak sehat untuk ibu hamil.

    Alkohol

    Alkohol jelas dilarang konsumsinya untuk ibu hamil karena kandungan minuman keras bisa membahayakan perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil sendiri.

Jadi, selama kehamilan 9 bulan, sebaiknya ladies menerapkan larangan untuk sekian makanan di atas ya. Makan yang baik dan sehat juga jangan lupa menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga ringan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading