Sukses

Parenting

6 Tips Mudik Pakai Transportasi Umum Jika Anak Gampang Rewel

Liburan lebaran akan datang sebenatr lagi. Sudah mempersiapkan apa saja untuk menyambutnya? Salah satu hal yang mungkin sedang kamu persiapkan mungkin adalah mudik lebaran ya ladies?

Mudik lebaran akan lebih ribet jika kamu punya buah hati yang masih kecil, apalagi jika dia adalah anak yang aktif, tak bisa diam dan gampang rewel. Susah nih jika seperti ini, apalagi jika kamu mudik dengan menempuh transportasi umum macam bis, pesawat, kapal laut atau kereta api. Ini yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi tantangan mudik bersama anak.

    Buat daftar packing

    Sebagai ibu baru yang akan mudik dengan anak, pastikan kamu mendaftar semua perlengkapan yang akan anak butuhkan dan bawa ke mana pun, semisal popok, susu, bonek dan lain sebagainya. Lakukan jauh-jauh sebelum tanggal keberangkatan. Checklist ini akan membantumu menghindari kebiasaan lupa bawa barang.

    Bawa makanan kesukaannya

    Cara terbaik membuat anak tenang adalah dengan membawa barang-barang kesukaannya, termasuk makanan. Biasanya anak mudah lapar dan suka camilan, jadi selalu sediakan snack favoritnya agar ia betah selama perjalanan.

    Biarkan anak memenuhi keingintahuannya

    Jika anak bertanya tentang apa pun di luar jendela, jawab saja. Biarkan anak mengeksplor keadaan di sekitarnya. Hal ini sedikit banyak membantu membuatnya lebih tenang di kursinya. Ada baiknya jika kamu membawa buku cerita atau menceritakan suatu hal saat melihat benda-benda atau pemandangan di luar jendela.

    Booking kursi tersendiri untuk anak

    Daripada memilih memangku anak selama perjalanan, yang kemungkinan besar pasti membuatmu lelah, sebaiknya pesan kursi penumpang satu lagi untuk anak agar anak bisa nyaman selama perjalanan karena ia duduk sendiri.

    Buat anak tidur

    Anak pasti butuh tidur saat siang hari, buat prioritas untuk hal ini. Seringkali anak akan rewel jika dalam keadaan lelah dan ngantuk. Jadi, siapkan segala perlengkapan tidurnya dan buat anak nyaman sehingga mudah tidur. Cara ini juga bisa mencegahnya mabuk perjalanan.

    Siapkan perlengkapan obat-obatan

    Anak akan rentan mabuk perjalanan, jadi siapkan obat antimabuk, obat batuk, kayu putih, dan berbagai obat-obatan yang mungkin dibutuhkan.

Sebisa mungkin booking tiket transportasi kereta api saja ladies, karena selain lebih nyaman, naik kereta api sekarang tak perlu lagi berdesak-desakan dan udaranya juga lebih bebas.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading