Sukses

Parenting

Makan Junk Food Saat Hamil Berisiko Anak Obesitas & Jantung

Bagi seorang wanita yang sudah menikah, hamil atau mengandung tentu merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan, membanggakan dan sekaligus mengharukan. Terlebih lagi, jika kehamilan ini adalah kehamilan pertama untuknya. Saat hamil, bunda sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang mengandung nutrisi terbaik buat bunda dan janin di dalam kandungan. Wanita hamil juga harus istirahat cukup dan memperhatikan dengan baik kondisi kesehatannya.

Kalau bunda salah konsumsi nutrisi dan tidak menjaga kesehatan tubuh, hal ini bisa sangat berpengaruh buruk buat kesehatan. Baik itu kesehatan bunda atau janin di dalam kandungan. Dikutip dari laman asiantown.net, bunda yang sedang mengandung sangat disarankan untuk tidak berlebihan makan junk food. Hal ini mengingat bahwa junk food sangat tidak baik buat kesehatan janin serta bunda.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa konsumsi junk food berlebih saat hamil bisa meningkatkan risiko anak atau janin di dalam kandungan menderita obesitas, jantung hingga diabetes saat anak dewasa. Para ahli menemukan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam junk food khususnya nutrisi lemak jenuh sangat tidak baik buat kesehatan janin juga bunda. Yang lebih menyedihkan lagi, risiko obesitas, jantung dan diabetes ini bahkan bisa berisiko hingga 3 generasi yakni anak, cucu dan cicit.

Para ilmuwan di Washington University School of Medicine di St Louis menyebutkan bahwa ibu yang sering konsumsi junk food saat hamil akan menyebabkan anak, cucu dan cicit lebih besar berisiko menderita obesitas, jantung dan diabetes. Dr Kelle Moley, dari School of Medicine's Craner Professor of Obstetrics and Gynecology mengatakan, "Ibu hamil yang suka sekali konsumsi junk food dan ia mengalami obesitas, hal ini akan berpengaruh buruk bagi tiga generasi yang ia lahirkan. 3 Generasi tersebut akan sangat mungkin berisiko obesitas, diabetes dan jantung."

Dr Moley menambahkan, "Ibu yang memiliki riwayat kesehatan buruk secara langsung akan menurunkan gen kesehatan tersebut kepada buah hatinya. Terutama, jika ibu tersebut mengalami kesehatan yang buruk saat ia mengandung buah hatinya." Atas penemuan ini, para ahli dan ilmuwan sangat menyarankan agar setiap bunda yang sedang hamil untuk terus memperhatikan kesehatan tubuhnya. Para ahli juga mewajibkan setiap bunda untuk membatasi konsumsi junk food saat hamil. Agar bunda dan janin sehat selalu, disarankan agar bunda perbanyak konsumsi sayur dan buah serta makanan bernutrisi lain yang rendah lemak jenuh.

Semoga, informasi ini bermanfaat. Untuk bunda yang ingin sekali memiliki tubuh sehat dan janin sehat, pastikan untuk hindari konsumsi junk food saat hamil. Konsultasikan nutrisi apa yang sebaiknya diperbanyak di saat kehamilan bersama bidan atau dokter bunda.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading