Sukses

Parenting

3 Tanda Si Buah Hati Sudah Siap Makan Selain ASI

Setelah memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, kini waktu yang tepat untuk memperkenalkan makanan pada si kecil. Hal ini dilakukan untuk mendukung kecukupan nutrisi dan tumbuh kembangnya secara optimal. Tapi pemberian makanan yang terlalu dini dapat memicu masalah pencernaan, bahkan tersedak. Simak tanda-tanda anak sudah siap makan, seperti berikut ini.

Meraih Makanan dan Memasukkan ke Mulut

Ketika si kecil mulai tertarik dengan makanan padat, ia tidak akan malu-malu memberitahukannya pada orang-orang di sekitarnya. Mulai dari bereaksi dengan kegembiraan saat melihat orang-orang makan, menjangkau makanan di piring, atau meraih garpu dan sendok, baik untuk bermain atau untuk dimasukkan ke dalam mulutnya. Perhatikan hal ini saat bermain-main dengan sang buah hati ya.

Sudah Mulai Bisa Posisi Duduk

Kebanyakan bayi akan bisa duduk saat menginjak usia 3-5 bulan, namun biasanya masih memerlukan bantuan baik dengan menopang dengan tangannya, mendapat dukungan dari orangtua, maupun kursi. Namun saat berusia 6 bulan, si kecil telah mengembangkan otot-otot leher, tubuh bagian atas, dan otot punggung untuk dapat duduk tanpa dukungan. Hal ini memudahkannya saat mulai makan, karena dapat makan dan menelan makanan, tanpa risiko mudah tersedak.

Dapat Menelan Makanan

Tidak harus menunggu tumbuhnya gigi untuk mulai memberikan makanan pada si kecil. Biasanya bayi yang sudah kehilangan reflek lidah yang mendorong makanan padat keluar dari mulut, bisa dikatakan telah siap makan. Perhatikan juga sikap sang buah hati yang mulai menggigit barang-barang yang ada di sekitarnya dan meniru cara orang di sekitarnya mengunyah makanan.

Melihat si kecil mulai siap makan memang menjadi momen yang tak terlupakan ya. Tidak perlu khawatir pada makanan yang nantinya mengotori mulut dan kulitnya. Cukup bersihkan dengan Paseo Baby Pure Soft yang berbahan 100% alami, higienis, sangat lembut bagi kulit bayi yang sensitif, dan hypoallergenic. Selain itu, dalam pembuatannya juga yang sudah teruji oleh institusi independen (ISEGA - Jerman) dan sudah bersertifikat Food Safe yang diakui oleh FDA. Sehingga aman bersentuhan dengan mulut bayi, makanan, dan perlengkapan makan-minumnya. Selalu berikan yang terbaik untuk si kecil ya!

(adv/eth/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading