Sukses

Parenting

Waspada, Inilah 4 Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil dan Janin

Pada setiap bungkus rokok pasti tertera peringatan mengenai bahaya dari merokok. Zat aktif di dalam rokok lah yang dipercaya bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Dikatakan, perokok aktif maupun perokok pasif sangatlah rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Dan yang lebih bahaya lagi, jika perokok aktif tersebut adalah ibu hamil.

Dikutip dari laman babycenter.com, Robert Welchm seorang ahli kesehatan sekaligus ketua Departemen Obstetri dan Gikenologi di Providence Hospital di Southfield, Michigan mengatakan bahwa merokok adalah penyebab utama dari bayi cacat, kelahiran prematur dan masalah kesehatan bayi sejak di kandungan. Tak hanya itu saja, merokok juga merupakan salah satu penyebab utama ibu janin mengalami kesehatan khususnya untuk kesehatan jantung dan paru-paru.

Menurut Welch, dari sebatang rokok, sedikitnya ada 4000 zat kimia berbahaya yang bisa menyerang kesehatan ibu dan janin. Merokok dipercaya sebagai salah satu aktivitas yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Beberapa bahaya yang disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok bagi ibu hamil dan janin sendiri antara lain adalah sebagai berikut.

(vem/mim)

Berat Badan Bayi Rendah

Bahaya pertama yang kerap kali menimpa janin di dalam kandungan di mana sang ibu hobi merokok adalah berat badan bayi yang rendah. James Christmas, direktur Maternal Fetal Medicine pada Commonwealth Perinatal Associates di Rumah Sakit Henrico di Richmoond, Virginia mengatakan bahwa berat badan bayi yang rendah sering kali disebabkan oleh kebiasaan buruk ibu bayi. Kebiasaan buruk tersebut adalah merokok.

Zat nikotin yang terdapat di dalam rokok sering kali membuat pasokan oksigen dalam tubuh khususnya pembuluh darah berkurang. Zat nikotin ini juga bisa membuat penyempitan pembuluh darah serta tali pusat bayi ke tubuh ibu. Saat pembuluh darah dan tali pusat mengalami penyempitan, sudah pasti hal ini menyebabkan nutrisi yang menyalur ke tubuh bayi tidak bisa bekerja dengan baik dan bayi pun akan memiliki berat badan rendah.

Masalah Pada Paru-paru Ibu dan Janin

Kebiasaan buruk merokok selama hamil dikatakan sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru ibu. Tak hanya itu saja, paru-paru janin pun bisa saja terserang masalah. Mulai dari masalah yang ringan hingga masalah yang sangat serius.

Efek buruk dari zat nikotin dan zat kimia lain dari rokok dikatakan akan mengganggu perkembangan serta pertumbuhan organ dalam pada tubuh bayi. Dan salah satu organ yang paling sering mengalami masalah atau gangguan adalah paru-paru.

Keguguran atau Abortus Spontan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa merokok bisa meningkatkan risiko keguguran 32 persen lebih besar. Penelitian juga menyebutkan bahwa merokok juga erat kaitannya dengan kematian janin di dalam kandungan.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Tentu saja hal ini terjadi karena pengaruh zat kimia yang terkandung di dalam rokok yang sangat tidak baik buat kesehatan ibu maupun janin. Zat kimia yang terkandung di dalam rokok juga dipercaya bisa sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Tak hanya menyebabkan keguguran, merokok juga bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

Menurunkan Kinerja Otak pada Ibu dan Janin

Bahaya selanjutnya dari merokok adalah menurunkan kinerja otak baik bagi ibu maupun janin. Berbagai zat aktif yang terkandung di dalam rokok dikatakan mampu menurunkan kinerja otak, mengurangi kemampuan konsentrasi bahkan menyebabkan stres dan depresi.

Penelitian menyebutkan bahwa merokok bisa membuat ibu semakin mudah mengalami alzheimer dan membuat janin tidak secerdas bayi atau anak-anak lainnya. Bukan hanya itu saja, kebiasaan buruk merokok juga sering kali menyebabkan anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang hiperaktif, rendah konsentrasi dan perilaku yang bermasalah.

Ladies, itulah beberapa bahaya dari merokok bagi ibu hamil dan janin. Agar bahaya ini tidak pernah terjadi pada kamu, orang terdekat kamu dan anak-anak kamu nantinya, pastikan untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok ya? Kalau pun belum pernah merokok, pastikan untuk tidak pernah menyentuh rokok apalagi sampai merokoknya.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading