Sukses

Parenting

Tips Penuhi Nutrisi Si Kecil Yang Bermasalah Makan

Dalam tumbuh dan kembang Si Kecil, ibu tentunya selalu menginginkan yang terbaik. Namun, seiring berjalannya waktu terdapat beberapa fase yang terkadang membuat para orang tua cemas. Picky eating merupakan fase normal yang umumnya terjadi pada usia 1-3 tahun. Untuk mengatasi fase ini, ibu harus memberikan dukungan berupa pemberian nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembangnya.

Pilih-pilih makan, tidak mau makan dan makan dalam jumlah sedikit adalah beberapa tanda masalah makan. Si Kecil menjadi sangat pemilih yang biasa disebut dengan picky eater. Penelitian dari Duke University School of Medicine menemukan bahwa 1 dari 5 anak memiliki masalah pilih-pilih makan. Hal ini tentu saja mengganggu pertumbuhan di kecil. Pasalnya, picky eater akan mengalami gangguan perkembangan fisik berupa berat dan tinggi yang lebih rendah.

Seorang anak yang picky eater juga lebih mudah sakit dan memiliki daya tahan tubuh lemah. Kecerdasannya juga akan terganggu, ditandai dengan gangguan konsentrasi, mudah bosan dan tidak suka belajar. Untuk mengatasi hal ini, berikut adalah beberapa hal yang bisa dicoba.

Suasana makan yang menyenangkan

Waktu makan adalah hal yang tidak menyenangkan bagi picky eater. Jadi, ibu bisa menciptakan suasana baru saat makan agar ia lebih bersemangat. Pilih tempat makan dan lingkungan yang tenang sehingga Si Kecil terhindar dari gangguan saat makan. Bisa juga putar musik ceria dan ajak seluruh anggota keluarga makan bersama. Suasana yang menyenangkan ini, bisa membuatnya makin semangat untuk makan.

Atur jam makan

Berikan si kecil interval waktu tertentu saat makan. Berikan waktu tiga hingga empat jam untuk Si Kecil tidak mengonsumsi apapun. Hindari juga memberikan camilan yang membuatnya kenyang, sehingga ia makin malas untuk makan menu utamanya. Hal ini dapat mendorong nafsu makannya makin bertambah.

Perkenalkan makanan baru

Perkenalkan makanan-makanan baru dua minggu atau sebulan sekali. Berikan secara konsisten sebelum memperkenalkannya dengan makanan yang baru lagi. Tunjukkan pula sikap netral terhadap perilaku picky eater yang dimilikinya. Hindari memberikan pujian saat ia berhasil makan dan hindari paksaan ketika ia tidak mau makan.

Berikan dukungan nutrisi

Dalam masa pertumbuhannya, Si Kecil membutuhkan nutrisi yang cukup. Tentu saja, fase picky eating ini dapat mengganggu perkembangan fisik dan kecerdasannya. Untuk itu, ibu perlu memberikan dukungan berupa nutrisi dengan komposisi lengkap dan seimbang. Si kecil membutuhkan makronutrisi yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein yang penting bagi pertumbuhannya. Lalu mikronutrisi yang terdiri dari vitamin dan mineral penting yang sangat dibutuhkan

Ibu dapat melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil dengan memberikan makanan bergizi seimbang, serta Pediasure di antara waktu makan atau snack time sebagai nutrisi tambahan. Pediasure merupakan suplemen nutrisi. Hal ini sudah diuji secara klinis membantu mendukung tumbuh kembang anak dari usia 1 hingga 10 tahun yang bermasalah makan

Pediasure mengandung nutrisi esensial seperti sumber protein, campuran 3 minyak nabati yang membantu pertumbuhan Si Kecil. Kandungan vitamin A, C, E, serta mineral zink di dalamnya juga sangat berguna sebagai antioksidan pada organ tubuh. Terdapat 3 varian rasa yang dapat dipilih yakni Vanila, Madu dan Cokelat yang pasti disuka Si Kecil. Bersama nutrisi terbaik, Ibu bisa tenang dan Si Kecil bisa tumbuh dengan baik. Untuk mendapatkan informasi lengkapnya, bisa mengakses http://www.abbottfamily.co.id/

Sayangi Si Kecil dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya.

(adv/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading