Sukses

Parenting

Konsumsi Ikan Bandeng Selama Kehamilan, Ini Manfaatnya Bagi Bunda

Dalam nuansa Tahun Baru Imlek seperti sekarang ini, salah satu ikan yang paling banyak diburu warga keturunan Tionghoa adalah ikan bandeng. Sebab, bagi warga Tionghoa, bandeng mengandung makna rezeki, kebahagiaan, dan keberuntungan.

Terlepas dari maknanya, bandeng nyatanya memang memiliki citarasa yang lezat. Dan, meskipun bandeng termasuk dalam jenis ikan yang memiliki banyak duri, bandeng merupakan sumber gizi yang tidak dapat diabaikan, termasuk untuk Anda yang sedang hamil, Bunda.

Seperti disebutkan dalam laman www.articlesofhealthcare.com, ikan bandeng kaya akan kandungan gizi, terutama omega 3. Omega 3 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi tubuh manusia. Omega 3 penting sebagai asam lemak esensial yang terbentuk dari asam lemak seperti EPA (eicosapentaenoic acid), DHA (docosahexaenoic acid), dan ALA (A-linolenat).

Asupan omega 3 ini bisa kita dapatkan melalui konsumsi ikan bandeng. Sebab, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap ikan air payau ini, ia memiliki kandungan omega 3 yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan bandeng adalah (±)  14,2%, sementara ikan lainnya, seperti sardin mengandung (±) 3,9%, salmon (±) 2,6%, dan tuna (±) 0,2%.

Mengonsumsi asam lemak omega 3 dalam ikan bandeng secara rutin dan dalam jumlah yang tidak berlebihan selama masa kehamilan, akan dapat membantu perkembangan otak janin Anda. Selain itu, omega 3 ini juga baik untuk meningkatkan volume dan kualitas ASI.

Selain omega 3, ikan bandeng juga kaya akan kandungan protein (± 20,38% lebih tinggi daripada beberapa ikan lain). Maka dari itu, mengonsumsi ikan bandeng selama kehamilan Anda, juga akan dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Konsumsi rutin ikan bandeng selama kehamilan Anda tak hanya baik untuk janin dalam rahim Anda karena dapat membantu pertumbuhan sistem syaraf serta perkembangan otak saja; melainkan dapat  mengurangi risiko hipertensi yang berbahaya selama kehamilan juga.

So, masih ragu kah Anda untuk mengonsumsi ikan bandeng selama kehamilan Anda? Tentu tidak kan, Bunda? Mulai sekarang, rutinkan konsumsi bandeng untuk kesehatan Anda dan janin, ya! Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading