Sukses

Parenting

Ketahui Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Kehamilan Yuk, Bunda

Duduk memang merupakan posisi nyaman saat hamil, sayangnya tanpa kita sadari ternyata duduk bisa jadi membawa dampak yang berbahaya bagi kesehatan kita maupun janin dalam kandungan kita. Bahaya duduk ini, tidak terlepas dari posisi duduk yang kita lakukan.

Posisi duduk yang kita lakukan  terdiri dari berbagai macam dan ada posisi duduk yang meskipun tidak dilakukan dalam waktu yang lama namun tetap berbahaya bagi kesehatan. Apa dan bagaimanakah posisi duduk tersebut? Berikut rangkuman yang telah kami siapkan dari laman www.babycenter.com, untuk Anda. Simak, ya!

 

  • Duduk Membungkuk. Saat Anda sedang bersantai di rumah, menonton tv atau mendengarkan radio, kadang Anda mungkin tidak sadar jika sedang dalam posisi yang membungkuk. Posisi duduk membungkuk ini merupakan salah satu posisi duduk yang tidak baik dilakukan saat hamil. Hal ini dikarenakan ketika kita duduk dengan posisi membungkuk, maka tubuh akan mengalami ketegangan terutama di bagian sumsum tulang belakang. Karena ketegangan yang terjadi, maka sebagai efeknya tubuh tidak akan mampu menahan berat badan Anda yang cenderung meningkat ketika sedang hamil. Tidak hanya itu saja badan yang membungkuk akan membahayakan bagi janin yang ada di dalam rahim sebab bayi akan tertekan dengan posisi ibunya yang membungkuk.
  • Duduk dengan Kaki Menggantung. Saat duduk di kursi yang terlalu tinggi atau saat sedang selonjoran di sofa yang terlalu pendek, posisi duduk dengan kaki menggantung pasti tidak bisa dihindari. padahal, posisi tersebut tidak bagus bagi kesehatan ibu hamil. Sebab, duduk dengan posisi ini bisa membuat aliran darah menuju ke kaki semakin meningkat. Peningkatan ini akan menyebabkan kaki mengalami pembengkakan.
  • Duduk Tanpa Sandaran. Selain duduk dalam posisi membungkuk dan kaki menggantung, duduk tanpa sandaran juga berbahaya bagi Anda yang sedang hamil. Hal ini dikarenakan,  duduk tanpa menggunakan sandaran bisa membuat tubuh tidak sadar jika dalam posisi membungkuk. Seperti dijelaskan sebelumnya, posisi tubuh yang membungkuk bisa menyebabkan ketegangan di dalam tubuh menjadi meningkat terutama di bagian tulang punggung.
  • Setengah Duduk. Posisi berbahaya lainnya adalah posisi setengah duduk. Posisi ini banyak dilakukan saat berada di atas tempat tidur. Bahaya posisi ini sama dengan posisi tubuh membungkuk yaitu bisa menyebabkan tekanan di sumsum bagian tulang belakang.

Nah, itulah beberapa posisi duduk yang berbahaya untuk dilakukan selama masa kehamilan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda ya, Bunda.

 

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading