Sukses

Parenting

Terlalu Banyak Konsumsi Garam Picu Hypertensi, Yuk Diet Garam Selama Masa Kehamilan Bunda

Karena sangat rentan mengalami gangguan kesehatan, saat hamil, kita seringkali menjadi ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan diri sendiri serta janin yang kita kandung. Usaha untuk menjaga kesehatan ini bervariasi, salah satunya dengan menjaga pola makan dan asupan makanan yang dikonsumsi.

Salah satu jenis makanan yang sangat penting untuk diperhatikan tingkat pengonsumsiannya selama masa kehamilan adalah garam. Sebab, seperti disebutkan dalam laman www.whattoecpect.com konsumsi garam yang berlebihan dapat memicu terjadinya hypertensi atau tekanan darah tinggi.

Hypertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi selama kehamilan, jumlah  kasus tekanan darah tinggi pada ibu hamil bahkan mencapai 20 persen.  Artinya 1 dari 5 orang ibu hamil berpotensi memiliki tekanan darah tinggi.

Kondisi tekanan darah tinggi selama kehamilan ini dapat menyebabkan masalah bagi kita dan janin dalam rahim, sebab ibu hamil penderita hypertensi akan lebih rentan terhadap penyakit tertentu seperti edema paru, kejang selama kehamilan, gagal ginjal atau hati, stroke, bahkan kematian.

Maka, pastikan bahwa Anda membatasi konsumsi garam selama kehamilan Anda, ya.  Membatasi asupan garam dalam tubuh bisa dilakukan dengan melakukan diet garam. Diet garam ini terbagi menjadi 3 macam, yang pertama diet rendah garam yakni terdiri dari diet ringan dengan mengonsumsi garam 3,75-7,5 gram per hari, yang kedua diet menengah yakni dengan 1,25-3,75 gram per hari, dan yang ketiga, diet berat yakni kurang dari 1,25 gram per hari.

Saat menurunkan konsumsi garam, makanlah banyak buah-buahan dan sayur kaya potasium, seperti kacang-kacangan dan aprikot. Potasium ini bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Namun, jika Anda mengalami gangguan ginjal, sebaiknya hindari juga konsumsi potasium secara berlebihan sebab dapat memperburuk kondisi ginjal Anda.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk banyak mengonsumsi kalsium dan magnesium, dua jenis mineral ini, baik bagi penderita hypertensi.  Kalsium dan magnesium ini dapat Anda temui dalam  susu, ikan laut (pilih ikan yang rendah kontaminasi terhadap logam seperti Salmon), rumput laut, kol, kacang almond kering, bayam, alpukat, pisang, kismis, dan kacang mede.

Buah-buahan dan sayuran tinggi serat juga mempunyai kemampuan menurunkan tekanan darah. Asam lemak tak jenuh seperti omega 3 dari minyak ikan tuna juga mempunyai efek yang bagus menurunkan tekanan darah.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya, Bunda.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading