Sukses

Parenting

Persiapan Jelang Persalinan, Jangan Lupa 5 Hal Ini!

Persalinan merupakan salah satu hal yang paling ditakuti sekaligus ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil. Momen ini jadi momen yang sangat penting. Menyambut kelahiran sang buah hati perlu persiapan khusus dari jauh-jauh hari.

Nah, agar persalinan nanti bisa lancar, lakukan persiapan yang matang. Dilansir dari yourtango.com, ada lima hal paling penting yang perlu dipersiapkan jelang persalinan. Jadi pastikan Anda sudah mempersiapkan semua hal ini dengan baik ketika sudah mendekati tanggal prediksi persalinan, ya Ladies.

    Kebugaran Fisik

    Menjelang persalinan, pastikan tubuh dalam keadaan sehat dan bugar. Lakukan olahraga yang disarankan dokter. Saat bersalin nanti, energi tubuh akan terkuras habis. Selain itu, saat tubuh sudah dalam keadaan bugar jauh-jauh hari sebelum melahirkan, proses untuk kembali pulih akan lebih cepat.

    Kesiapan Mental

    Penting juga untuk mempersiapkan mental sebelum bersalin. Baca buku, melakukan konsultasi, menghadiri kelas, dan berbagi pengalaman dengan yang sudah pernah melahirkan akan sangat membantu mempersiapkan kesiapan mental yang matang sebelum melahirkan. Ketika pikiran sudah lebih tenang dan rileks, melahirkan tak akan membuat Anda gampang panik.

    Kontak yang Bisa Dihubungi Sewaktu-Waktu

    Pastikan Anda sudah memiliki kontak orang-orang yang akan langsung siap siaga membantu Anda. Idealnya suami sudah harus selalu siap siaga ketika sang istri sudah hamil tua. Tapi tak ada salahnya juga untuk memiliki kontak keluarga lain yang bisa diandalkan saat Anda membutuhkannya dalam keadaan darurat.

    Rumah Sakit yang Dituju

    Baiknya jadwalkan dari jauh-jauh hari di mana Anda akan melahirkan. Mungkin di rumah sakit swasta terdekat, rumah sakit bersalin dengan fasilitas yang sesuai keinginan, atau ke bidan di dekat rumah. Selain itu, pastikan juga kendaraan yang bisa digunakan untuk menuju rumah sakit nantinya selalu tersedia.

    Tas dengan Semua Barang yang Dibutuhkan

    Saat usia kehamilan sudah memasuki 36 minggu, sebaiknya sudah menyiapkan tas khusus yang berisi semua barang yang akan dibutuhkan selama persalinan. Mulai dari baju bayi hingga baju yang akan Anda pakai untuk menyusui. Semua perlengkapan sebaiknya dipak dalam satu tas yang sekali bawa.

Setelah persiapan dilakukan dengan baik, setidaknya pikiran akan lebih tenang jelang persalinan nanti. Buat Anda yang akan menyambut buah hati dalam waktu dekat ini semoga diberi kemudahan dan kelancaran, ya.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading