Sukses

Parenting

Susah Buang Air Besar Selama Kehamilan, Atasi Dengan Konsumsi Ubi Yuk

Selama proses kehamilan, tubuh mungkin lebih rentan mengalami gangguan kesehatan, salah satunya gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan, terutama sembelit atau susah buang air besar, memang sangat sering menghampiri di masa kehamilan karena peningkatan produksi hormon progesteron selama masa kehamilan memperlambat pergerakan makanan ke usus. Selain itu, kondisi pertumbuhan janin yang semakin besar juga akan menekan usus sehingga membuat Anda akan mengalami kesulitan BAB.

Meski kondisi ini memang membuat kenyamanan selama kehamilan terganggu, tapi Bunda tidak perlu khawatir! Sebab, mengatasi permasalahan sembelit pada ibu hamil terbilang mudah kok, salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan makan makanan berserat seperti ubi.
 
Dikutip dari laman  www.momjunction.com, ubi merupakan salah satu bahan makanan yang mempunyai nutrisi penting bagi kesehatan, termasuk serat yang sangat diperlukan bagi kesehatan sistem pencernaan. Selama masa kehamilan, Anda membutuhkan serat sebanyak 28 sampai 34 gram per harinya.

Dengan mengonsumsi ubi, Anda bisa memenuhi seperlima kebutuhan serat harian ini. Sebab, dalam satu cangkir ubi terkandung 6,6 gram serat yang akan membantu memperlancar sistem pencernaan Anda.

Selain kandungan seratnya yang tinggi, ubi juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kandungan kalium pada ubi ini bermanfaat untuk mencegah adanya edema atau pembengkakan pada kaki, nyeri sendi, serta membantu menetralkan tekanan darah.

Ditambah lagi, ubi juga kaya akan kandungan nutrisi penting lain seperti vitamin A, C, E, betakaroten, magnesium, serta antioksidan. Dengan kandungan nutrisinya yang beragam ini, maka Anda tentu tidak perlu lagi ragu untuk mengonsumsi ubi dalam menu harian Anda selama masa kehamilan ya Bunda. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading