Sukses

Parenting

Tips Tepat Atasi Puting Payudara Nyeri Saat Menyusui

Menyusui buah hati merupakan momen yang sangat berharga bagi setiap ibu di dunia ini. Tak semua ibu mampu mengeluarkan ASI dan menyusui sendiri bayi mereka. Karena itulah bunda patut bersyukur jika bisa memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati.

Salah satu problem yang sering dialami adalah rasa nyeri yang muncul pada puting payudara. Banyak sekali ibu menyusui yang mengeluhkan  bahwa puting memang menjadi sensitif pada awal masa menyusui. Sebenarnya tak ada yang perlu dikhawatirkan Ladies, karena setelah menemukan posisi yang tepat maka menyusui akan jadi lebih nyaman. Namun rasa nyeri juga bisa disebabkan oleh lecet akibat bayi yang menghisap terlalu kuat. Well, kali ini Vemale akan mencoba menghadirkan tips untuk mengatasinya.

  • Pertama posisikan bayi agar bisa menghisap seluruh bagian puting agar tak terasa nyeri. Saat bunda merasa bayi hanya mengisap bagian ujung puting, tata posisi menyusui dengan menempatkan jari bersih di ujung mulut bayi.
  • Selanjutnya saat akan menarik puting, usahakan puting tidak tertekan. Bunda juga harus berganti posisi setiap proses menyusui. Dengan begini, tekanan yang diterima payudara tidak terpusat pada satu tempat saja. Ini akan bermanfaat mengurangi risiko nyeri.
  • Bunda juga bisa mencoba untuk mengoleskan sedikit ASI pada puting yang terluka atau lecet akibat menyusui. Ini karena ASI sebenarnya memiliki zat penyembuh.
  • Angin-anginkan puting payudara sejenak setelah menyusui.
  • Bunda juga wajib memperhatikan pakaian yang dikenakan. Hindari mengenakan pakaian atau bra yang terlalu ketat sehingga menekan payudara dan puting. Pilih pakaian dengan bahan katun yang dapat menyerap sisa ASI.


Berikut tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa nyeri pada payudara saat menyusui buah hati. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading