Sukses

Parenting

Bayi Rewel Dan Terus Menangis? 4 Cara Ini Bisa Bantu Kamu Mengatasinya

Bagi bayi, menangis adalah hal yang wajar terjadi. Bisa dikatakan, menangis juga suatu bahasa harian yang dimiliki oleh bayi. Jika bayi menangis dua sampai tiga kali saja dalam sehari, mungkin hal ini masih bisa diterima dan tak juga membuat orang tua jengkel. Tapi, jika bayi menangis secara terus-menerus dan tak mau berhenti, setiap orang tua tentu akan merasa jengkel, marah, lelah dan bahkan beberapa mungkin putus asa.

Jika bayi kamu menangis, rewel dan tak mau diam, dikutip dari laman parents.com sebenarnya ada cara efektif untuk mengatasinya lho Ladies. Hanya saja, kamu butuh menjadi seseorang yang lebih sabar dan tenang ketika mencoba untuk mengatasi hal ini. Apa saja cara untuk mengatasi bayi rewel dan nangis yang nggak mau berhenti tersebut? Berikut ulasannya.

    Berikan ASI atau Susu

    Alasan utama bayi menangis adalah karena ia merasa lapar atau haus. Untuk itu, cara pertama yang bisa kamu lakukan saat bayi menangis adalah memberinya ASI atau susu. Tapi, ia terus menangis meski telah diberi ASI, cobalah untuk menenangkannya dengan cara lain. Pastikan bahwa bayi dalam kondisi nyaman. Pastikan pula bahwa bayi dalam kondisi bersih, tidak ada serangga atau hal lain di sekitarnya yang membuatnya risih.

    Gendong Bayi dan Ajak ke Tempat Yang Gelap

    Beberapa study percaya bahwa membawa bayi ke tempat yang lebih gelap atau remang-remang akan membuat bayi lebih tenang dan nyaman. Suasana gelap yang tenang cenderung membuat bayi merasa tenang. Saat mengajaknya ke ruangan yang gelap, usahakan kamu menggendong bayi dengan pelukan yang hangat dan tenang pula ya.

    Perdengarkan Musik Atau Buat Suara Tertentu Untuk Mengalihkan Perhatiannya

    Saat bayi menangis, cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar bayi diam adalah dengan memperdengarkan musik atau mengajaknya bicara. Selain itu, orang tua juga bisa membuat suara-suara lain seperti menyanyi, bercerita, memperdengarkan suara hewan dan masih banyak lagi. Dengan memperdengarkan suara-suara ini, diharapkan perhatian bayi akan teralihkan dan ia pun bisa menjadi lebih tenang.

    Pijat Dengan Lembut

    Cara selanjutnya agar bayi yang rewel bisa diam adalah dengan memijat tubuhnya dengan lembut. Selain memijatnya, kamu juga bisa menyentuh rambut, mengusap dahi atau memberikannya sentuhan lembut dengan penuh rasa sayang dan ketulusan.


Ladies, itulah sedikitnya empat cara agar bayi yang rewel bisa teratasi. So, ketika bayi kamu rewel, jangan lupa untuk menerapkan cara ini ya. Selain cara ini, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menggoyang-goyang tubuh bayi (pastikan pelan saja), rubah posisi bayi menjadi lebih nyaman, berikan mainan untuknya, tetaplah sabar dan cobalah untuk selalu tersenyum di hadapannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading