Sukses

Parenting

Dokter dengan 'Tangan Ajaib', Tenangkan Bayi yang Menangis dengan Teknik Mudah (+Video)

Menenangkan bayi yang menangis bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi bagi yang baru menjadi orang tua, membuat bayi yang menangis untuk tenang bisa bikin bingung dan panik sendiri. Tapi selalu ada cara dan teknik praktis untuk mengatasinya.

Robert C. Hamilton, dokter anak dari Santa Monica, California memiliki teknik yang diberi nama "The Hold". Dilansir dari laman dailymail.co.uk, teknik ini diyakini selalu berhasil untuk membuat bayi menangis bisa langsung diam dan tenang seketika. Dokter Robert membagikan tipsnya via video di channel YouTube. Dan dalam waktu tiga hari saja, videonya sudah ditonton lebih dari satu juta kali. Penasaran dengan videonya? Langsung saja intip videonya di bawah ini.

Video: copyright youtube.com/Robert Hamilton

Dokter Hamilton yang sudah bekerja sebagai dokter anak selama 30 tahun telah mempraktikkan teknik "The Hold" pada pasien-pasien mungilnya. Dan teknik itu selalu berhasil.

Foto: copyright dailymail.co.uk

Dalam video, Dokter Hamilton mencoba menggunakan tekniknya kepada seorang bayi yang menangis. Bayi itu diangkat, kedua lengannya dilipat di depan dada, lalu tubuhnya dimiringkan 45 derajat. Dokter Hamilton lalu menyangga bagian pantat dan dada si bayi, kemudian mengangkat bayi naik turun. Tubuh si bayi juga digoyang-goyang sedikit dan dalam hitungan detik, bayi pun kembali tenang.

Foto: copyright dailymail.co.uk

"Lakukan semuanya dengan lembut, jangan melakukan gerakan yang menyentak-nyentak," saran Dokter Robert. "Gendong anak dengan menggunakan bagian tangan yang gemuk (telapak tangan), bukan ujung jari, dan saya menyangga dagunya, sehingga saya menggendongnya dengan sudut 45 derajat," tambahnya.

4 Langkah Melakukan "The Hold"
1. Lipat kedua tangan bayi di depan dada.
2. Sangga kedua tangan bayi dengan satu telapak tangan.
3. Pegang area pantat bayi dengan tangan satunya.
4. Goyang-goyangkan bayi di sudut 45 derajat.

Foto: copyright dailymail.co.uk

Teknik ini paling cocok untuk bayi berusia maksimal 3 bulan, karena lebih dari usia itu, tubuh bayi sudah lebih berat. Dokter Hamilton terlihat menggoyang-goyangkan bayi dengan gerakan lembut. Ia juga bisa menggendong si bayi dengan lembut tanpa mengabaikan faktor keamanan dan kenyamanan bayi. Meski kelihatannya Dokter Robert seperti mencekik bayi, tapi yang ia lakukan sebenarnya adalah menyangga tubuh bagian depan bayi agar tak jatuh.

Foto: copyright dailymail.co.uk

Banyak pengguna YouTube yang mengaku berhasil melakukan teknik ini. Ladies, tertarik untuk mencoba teknik ini untuk menenangkan bayi yang sedang menangis? Atau mungkin Anda punya cara atau tips tersendiri membuat bayi menangis jadi tenang?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading