Sukses

Parenting

Cermati Kebutuhan Nutrisi di Usia Kehamilan Trisemester Ke-II Yuk, Bunda

Ketika hamil, kebutuhan gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh akan meningkat menjadi dua kali lipat. Kekurangan gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan janin yang berada dalam kandungan akan membuat tubuh, bahkan janin kita, menjadi lebih rentan terhadap gangguan penyakit.

Kebutuhan gizi dan vitamin ini terutama akan meningkat saat kehamilan memasuki trisemester kedua, Sebab seperti dilansir dari laman www.whattoexpect.com, kerangka janin mulai terbentuk menjadi kuat saat kehamilan memasuki usia ini. Selain itu, plasentanya pun bertumbuh semakin kuat dan tebal. Di trisemester kedua kehamilan ini Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang semakin meningkat. Jadi, pastikan Anda minum 6 sampai 8 gelas air setiap harinya.

Selain itu, Bunda juga perlu mengonsumsi sumber zat besi seperti ayam, daging, kuning telur, buah kering, dan bayam. Konsumsi vitamin C untuk mengoptimalkan pembentukan sel darah merah baru juga penting lho, karena di usia kehamilan ini, jantung dan sistem peredaran darah janin sedang berkembang. Vitamin C bermanfaat untuk memudahkan penyerapan zat besi. Vitamin C juga dapatĀ  membantu janin Anda tumbuh dengan berat badan ideal saat dilahirkan dan menurunkan resiko bayi lahir prematur.

Selain vitamin C, vitamin B12 juga sangat penting bagi kehamilan di trisemester kedua kehamilan ini. Sebab, vitamin B12 diketahui sangat berperan penting dalam perkembangan syaraf dan fungsi otak janin Anda, oleh sebab itu, jika tubuh kekurangan asupan vitamin B12, hal ini akan membuat bayi kita menjadi lebih rentan mengalami gangguan syaraf yang bisa membuatnya terlahir cacat mental.

Nah, itulah beberapa nutrisi penting yang harus Anda perhatikan ketercukupannya selama kehamilan. Pastikan Anda benar-benar memperhatikan asupan gizi yang masuk dalam tubuh ya, Bunda. Karena apa yang Anda konsumsi akan memberikan pengaruh besar pada kesehatan janin Anda. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading