Sukses

Parenting

Ngidam Buah Nanas Saat Hamil? Baca Ini Dulu Deh, Bunda...

Setidaknya sekali selama masa kehamilan, kita pasti pernah mengalami rasa ngidam terhadap makanan atau minuman tertentu. Meski sebagian besar orang mengatakan bahwa ngidam sebaiknya dituruti jika tak ingin buah hati yang kita lahirkan nanti jadi ileran, tapi ada baiknya jika mengetahui dulu baik tidaknya makanan atau minuman yang kita idamkan tersebut. Lebih-lebih jika ternyata kita mengidamkan makanan atau minuman yang ternyata tak baik bagi kehamilan kita.

Salah satu makanan yang perlu kita pertimbangkan baik tidak pengonsumsiannya selama kehamilan adalah buah nanas. Kenapa nanas? Seperti disebutkan dalam www.momjunction.com, buah nanas memang kaya kandungan vitamin serta nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, ketika nanas dikonsumsi selama masa kehamilan, buah yang tumbuh subur di negara-negara tropis ini dikhawatirkan dapat membawa akibat yang tak baik bagi kehamilan kita. Kenapa? Berikut beberapa resiko yang mungkin ditimbulkan jika kita mengonsumsi nanas selama kehamilan; terutama di trisemester pertama kehamilan. Yuk, simak.

    Kontraksi Sebelum Waktunya

    Kehamilan di trisemester pertama sangat rentan mengalami masalah dan gangguan kesehatan, terlebih jika Anda memiliki kandungan yang lemah. Oleh sebab itu, di usia kandungan ini, Anda sebaiknya menghindari konsumsi nanas terlebih dahulu. Sebab, nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga dikhawatirkan apabila dikonsumsi pada jumlah yang berlebihan, kandungan bromelain dalam nanas ini ini akan mengganggu kehamilan anda.

    Keguguran

    Selain memicu timbulnya kontraksi sebelum waktunya, kandungan enzim bromelain dalam buah nanas ini juga dikhawatirkan dapat meningkatkan resiko keguguran pada kehamilan Anda, apalagi jika Anda memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Sebaiknya, hindari dulu pengonsumsian nanas selama trisemester pertama kehamilan ya, Bunda.

    Meningkatkan Asam Lambung

    Nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi inilah yang membuat nanas memiliki rasa asam manis yang segar. Tapi, jika dikonsumsi oleh Anda yang memiliki maag, rasa asam karena kandungan vitamin C yang tinggi pada nanas ini dikhawatirkan dapat meningkatkan konsentrasi asam dalam lambung Anda, sehingga membuat mual-mual Anda di trisemester pertama semakin menjadi.

Itulah beberapa resiko yang mungkin ditimbulkan dari pengonsumsian nanas selama kehamilan di trisemester pertama. Meski demikian, bukan berarti Anda sama sekali tak boleh mengonsumsi nanas selama kehamilan. Anda tetap bisa mengonsumsi nanas, dengan catatan. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi nanas setelah kehamilan memasuki trisemester kedua atau ketiga dan pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi, serta pilihlah nanas yang benar-benar matang.

Jika Anda masih ragu apakah Anda bisa mengonsumsi nanas selama kehamilan Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. So, semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading