Sukses

Parenting

Perbanyak Konsumsi Kacang-kacangan Ternyata Baik Untuk Kehamilan, Lho!

Bunda, ketika Anda hamil tidak berarti bahwa Anda harus makan untuk dua orang. Ya. Dilansir dari laman www.huffingtonpost.ca, seorang ahli obgyn asal New York, mengatakan bahwa makan untuk dua orang selama masa kehamilan adalah mitos. Selama trisemester pertama kehamilan, wanita hamil cukup mendapatkan tambahan nutrisinya dari multivitamin prenatal yang telah disarankan dokter untuknya. Sementara untuk trisemester kedua dan ketiga, wanita hanya membutuhkan masing-masing 340 dan 450 tambahan kalori per hari.

Selanjutnya, ia menambahkan bahwa memasuki masa kehamilan di trisemester ke 2 dan ke 3 tubuh Anda akan membutuhkan lebih banyak zat besi, kalsium, protein, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium (yang diperlukan untuk kelenjar tiroid) dan seng. Semua kebutuhan nutrisi ini, menurutnya, dapat ditemukan dalam produk segar dan protein.

Salah satu bentuk protein yang enak yang bisa Anda konsumsi selama masa kehamilan ini adalah protein nabati yang berasal dari kacang-kacangan.  Memperbanyak konsumsi protein nabati dari kacang-kacangan akan sangat bermanfaat bagi perkembangan otak bayi Anda. Karena di usia kehamilan trisemester ke 2 dan ke 3, janin mulai mengalami perkembangan otak. Kandungan asam folat tinggi dalam kacang-kacangan dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak bayi saat ia lahir nanti.

Di antara banyak jenis kacang-kacangan yang kita ketahui, berikut adalah 3 jenis kacang-kacangan yang baik untuk Anda konsumsi saat hamil. Yuk, cek..

  • Kacang Hijau. Kacang hijau mengandung beberapa kandungan nutrisi seperti serat, asam folat, kalsium, fosfor, lemak, vitamin B1 dan B2, protein serta karbohidrat. Karena berbagai kandungan nutrisi yang beraneka ragam inilah, kacang hijau sangat disarankan untuk Anda konsumsi selama kehamilan. Bahkan, mengonsumsi kacang hijau selama kehamilan juga terbukti menurunkan resiko asma pada bayi saat ia lahir.

 

  • Kacang Merah. Selain kacang hijau, kacang merah juga kaya akan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengonsumsi kacang merah selama masa kehamilan diketahui bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dan mencegah kolesterol. Selain itu, kandungan karbohidrat kompleks yang terkandung dalam kacang merah juga diketahui dapat menurunkan resiko diabetes pada ibu hamil.

 

  • Kacang Kedelai. Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang yang paling banyak dikonsumsi oleh ibu hamil. Kacang kedelai biasanya dikonsumsi dalam bentuk lauk-pauk seperti tempe dan tahu. Selain itu, bagi ibu hamil yang memiliki lactose-intolerant, kacang kedelai juga sering kali dijadikan alternatif pengganti susu yang menyenangkan. Salah satu manfaat kedelai yang sangat bermanfaat bagi kehamilan adalah kandungan hidrat arang kompleksnya yang bisa menjadi sumber energi saat hamil.


Nah, sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi kacang-kacangan selama kehamilan ya, terutama ketiga jenis kacang ini. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading