Sukses

Parenting

Vitamin A: Nutrisi Penting yang Tak Boleh Terlewat di Masa Kehamilan

Saat hamil, Anda mungkin sudah sangat tidak sabar untuk mendengar tangisan si kecil hadir di tengah-tengah keluarga Anda. Eits, tapi sebelum hal itu terwujud, sebaiknya, Anda benar-benar mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan agar si kecil kelak lahir dalam kondisi sehat, selamat, dan lengkap.

Salah satu hal penting yang harus Anda persiapkan dengan matang adalah nutrisi untuk tumbuh kembang si kecil selama berada dalam kandungan Anda.
Banyak sekali nutrisi penting yang harus Anda pastikan ketercukupannya selama masa kehamilan, dan salah satunya adalah vitamin A. Yap. Seperti dilansir  dari laman www.babycenter.in,  vitamin A adalah salah satu nutrisi penting yang tidak boleh Anda lewatkan selama masa kehamilan.

Ketercukupan vitamin A sangat diperlukan baik untuk kepentingan Anda sendiri maupun bayi yang ada dalam kandungan Anda. Vitamin A penting untuk penglihatan malam, pertumbuhan sel, kulit yang sehat dan produksi sel darah merah. Vitamin A dibedakan menjadi dua bentuk: retinol dan beta karoten. Keduanya baik untuk kesehatan Anda dan bayi Anda yang sekarang sedang mengalami perkembangan jaringan dan organ tubuh.

Vitamin A dalam bentuk retinol dapat Anda temui dalam kuning telur, mentega, margarin dan susu, yang semuanya baik untuk Anda konsumsi selama kehamilan. Selain itu, retinol juga terkandung dalam hati sapi dan ayam, tapi karena dosis retinol yang terlalu tinggi dalam kedua makanan ini, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi kedua makanan ini.

Di samping retinol, vitamin A dalam bentuk beta-karoten juga baik untuk Anda konsumsi. Sumber betakaroten yang baik dapat Anda temui dalam buah atau sayuran berwarna terang, di antaranya:  

  • wortel,
  • ubi jalar,
  • pepaya,
  • jeruk, serta
  • sayuran hijau, terutama brokoli dan bayam.


Meski ketercukupannya sangat penting bagi kesehatan Anda dan juga bayi dalam kandungan Anda, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan ya, Bunda. Sebab, terlalu banyak mengasup vitamin A juga dapat mengakibatkan kerusakan jaringan.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan kehamilan Anda.



(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading