Sukses

Parenting

Sebenarnya Ngidam Itu Apa dan Kenapa Bisa Terjadi Saat Hamil? Jawabannya Ada di Sini

Bunda, memasuki minggu trisemester kedua kehamilan bisa dikatakan sebagai masa-masa terberat dalam kehamilan. Dilansir dari laman www.healthline.com, studi menunjukkan kebanyakan wanita hamil usia 4 – 5 bulan tidak hanya mengalami ngidam untuk setidaknya satu jenis makanan tapi juga memiliki keengganan terhadap makanan tertentu.

Dalam hal ini, hormon mungkin memainkan peran, tetapi ada juga anggapan yang menyatakan bahwa mengidam makanan dan keengganan terhadap makanan tertentu merupakan cara primordial dalam tubuh wanita untuk memberikan sinyal.

Mengidam, misalnya, adalah sinyal dari dalam tubuh wanita untuk menyatakan kebutuhan nutrisi tertentu, sedangkan keengganan terhadap jenis makanan tertentu merupakan suatu cara untuk menghindari zat makanan yang berpotensi membahayakan bagi janin dalam kandungan.

Meski demikian, sinyal ini tidak sepenuhnya bisa dibuktikan dan tampaknya tidak mengikuti setiap pola gizi tertentu. Sebagai contoh, jika Anda memiliki keengganan untuk kopi atau alkohol mungkin sinyal ini akan membantu. Tetapi jika keengganan Anda adalah sayuran berdaun hijau atau susu, hal ini justru lebih bermasalah karena makanan-makanan tersebut mengandung nutrisi penting bagi pertumbuhan janin Anda.

Jika sudah begini, memaksakan diri untuk memakan makanan sehat dan bernutrisi demi pertumbuhan janin dalam perut Anda mungkin adalah cara terbijak yang bisa Anda upayakan.

Hal yang sama juga berlaku ketika Anda mengidam. Jika Anda mengidam makanan-makanan yang sehat, boleh lah jika Anda menuruti ngidam tersebut. Tapi, jika ternyata ngidam Anda adalah makanan-makanan yang kurang sehat atau bahkan bisa membahayakan janin Anda, sebaiknya hindari ngidam tersebut. Atau, konsultasikanlah ke dokter kandungan Anda.

Nah, semoga informasi ini memberikan manfaat bagi kehamilan Anda ya. Sehingga Anda mengalami proses kehamilan yang lancar sampai saatnya melahirkan nanti.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading