Sukses

Parenting

Sering Sembelit Saat Hamil? Pakai Cara Alami Ini Sebagai Solusi

Gangguan pencernaan seperti sembelit memang sangat sering terjadi pada wanita hamil, sebab hormon progesteron yang diproduksi selama masa kehamilan akan memperlambat pergerakan makanan ke usus.

Selain itu, bagi ibu hamil yang perutnya membesar, sembelit juga sering terjadi, karena pertumbuhan janin yang menekan usus.

Tapi Bunda tidak perlu khawatir! Sebab, mengatasi permasalahan sembelit pada ibu hamil terbilang mudah kok, salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan makan makanan berserat. Dilaporkan dari laman www.babycentre.com, berikut adalah jenis-jenis makanan kaya akan serat yang dipercaya dapat mengatasi permasalahan sembelit pada ibu hamil.

    Brokoli dan Wortel

    Dua jenis sayuran ini termasuk ke dalam golongan sayuran yang kaya akan serat. Warnanya khas berwarna hijau dan oranye. Kandungannya sangat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan. Tiap 100 gr dari brokoli dan wortel mengandung sekitar 4 gram serat.

    Kacang Polong

    Selain kaya protein nabati, kacang polong juga banyak kandungan seratnya lho, Bunda. Dalam 100 gr kacang polong terkandung sekitar 8,3 gr serat. Selain itu, kacang polong juga mengandung senyawa penting lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu asam folat yang dipercaya sangat besar manfaatnya bagi perkembangan janin terutama kecerdasan otak bayi.

    Pepaya dan Pir

    Kedua buah ini mempunyai kandungan yang sama bagusnya untuk mengatasi sembelit. Untuk tiap 100 gramnya, pepaya mengandung kadar serat sebanyak 1,8 gr, sedangkan buah pir memiliki kandungan serat sekitar 3,1gr.

Sebagai tambahan dari konsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat, konsumsi air putih adalah wajib tiap harinya, lho. Pastikan Anda meminum air mineral minimal 2 liter tiap harinya. Air yang mengandung mineral mampu melunturkan lemak dan juga dapat mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Nah, itulah solusi alami untuk mengatasi sembelit saat hamil. Semoga kehamilan Anda lancar sampai nanti melahirkan, ya.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading