Sukses

Parenting

Ajari Anak Kreatif dengan Permainan Ini!

Apakah Anda pernah menyaksikan si kecil lebih tertarik pada bungkus kado mainan yang Anda berikan kepadanya daripada mainan itu sendiri? mainan itu sendiri ini menunjukkan bahwa anak-anak lebih tertarik pada hal-hal simple yang ada di sekitar mereka.

Psikolog mengatakan bahwa prinsip utama dalam memberikan anak mainan adalah K.I.V.S atau keep it very simple. Ini berarti Anda tidak perlu memberikan mainan yang terlalu rumit pada anak jika ia baru belajar hal-hal baru di sekelilingnya. Dilansir dari laman www.justmommies.com, mainan-mainan yang terlalu kompleks akan menimbulkan over stimulasi pada anak dan membuat mereka justru menjauhi mainan tersebut.

Jadi, jika Anda ingin memberikan mainan untuk si kecil yang masih belajar hal-hal baru di sekelilingnya, berikanlah mainan yang bisa memancing kekreatifan otak mereka yang masih dalam perkembangan menyerap hal-hal baru di sekelilingnya.

Berikut adalah 3 jenis mainan terbaik yang dapat memancing anak untuk menjadi lebih kreatif.

    Blocks

    Ajaklah si kecil untuk bermain dengan menyusun benda-benda seperti blocks atau gelas plastik. Bermain menyusun benda ini akan sangat menyenangkan bagi anak karena mereka belajar membuat sesuatu dengan memperhitungkan tekanan supaya blocks yang mereka susun tidak rubuh. Untuk membuat variasi dalam permainan blocks, Anda bisa memberikannya berbagai macam warna blocks dan meminta si kecil untuk menyusun blocks itu berdasarkan warnanya. Seru!

    Lego

    Jika Anda khawatir potongan lego akan tertelan oleh si kecil, Anda bisa menggunakan jenis lego yang berukuran besar dan mendampingi mereka saat bermain. Saat bermain lego, anak-anak belajar untuk membangun sesuatu yang spesifik berdasarkan bentuk bentuk dan polanya. Selain seru, lego juga akan membuat otak anak lebih kreatif.

    Puzzle

    Puzzle adalah permainan yang tidak hanya bagus untuk mengajarkan anak kreatif mengoordinasikan tangan dan matanya saat menyatukan potongan gambar, tetapi juga membangun self-esteem dalam dirinya. Sebab, anak akan merasakan kepuasan saat mereka berhasil menyatukan seluruh potongan gambar menjadi satu gambaran utuh. Berikanlah si kecil puzzle dengan gambar-gambar simple yang tidak terlalu rumit untuk memancing ketertarikan dan rasa penasarannya. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, Anda bisa meningkatkan tingkat kerumitan gambar puzzle.

Nah, itulah beberapa jenis mainan yang dapat Bunda gunakan untuk membuat si kecil menjadi lebih kreatif. Semoga bisa memberikan inspirasi!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading