Sukses

Parenting

Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini

Penting sekali bagi ibu hamil untuk memenuhi dan mencukupi kebutuhan gizinya. Agar bayi yang dikandung bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, sang ibu perlu lebih berhati-hati memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Ada sejumlah makanan dan minuman yang sebaiknya tak dikonsumsi ibu hamil. Dengan menghindari konsumsi makanan dan minuman ini, diharapkan bayi bisa lahir dengan sehat dan ibu bisa menjalani proses kehamilan dengan baik dan lancar. Ria Amelia, seorang konsultan gizi memberikan info tentang makanan dan minuman yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Selengkapnya, simak infonya di bawah ini.

    Makanan Mentah atau Setengah Matang

    "Makanan yang masih mentah atau setengah matang terkadang masih mengandung bakteri atau virus yang belum mati. Jika ini sering dikonsumsi akan berpengaruh kepada pertumbuhan janin. Seperti sushi yang saat ini digemari," kata Ria di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Agustus 2015.

    Alkohol dan Rokok

    "Ibu hamil dilarang mengkonsumsi alkohol dan merokok. Segala jenis minuman beralkohol dapat menjadi racun bagi bayi. Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan fetal alcohol syndrome dan juga gangguan perkembangan mental lainnya," tambahnya.

    Minuman Berkafein

    "Kafein bisa membuat berat bayi lahir kecil, kalau kemungkinan kurang dari 3000 gram untuk bayi lahir, kalau di bawah itu harus masuk inkubator, bisa hidup tanpa susu dua hari si bayi, kalau bayinya di bawah rata-rata," tutup Ria.

Ladies, selalu pastikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi aman selama kehamilan, ya. Ada baiknya juga untuk selalu berkonsultasi rutin dengan dokter terkait mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi selama kehamilan.

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading