Sukses

Parenting

5 Makanan Sehat Yang Perlu Dikonsumsi Semua Wanita Hamil

Sejak awal kehamilan, ibu hamil sangat disarankan untuk memilih dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Ibu hamil juga dituntut agar selektif dalam memilih nutrisi terbaik untuknya maupun janin di dalam kandungan. Ketika ibu hamil bisa memilih dengan baik makanan yang harus ia konsumsi, hal ini tentu akan menguntungkan dirinya maupun janin.

Nutrisi yang tepat bisa membuat pertumbuhan dan perkembangan janin berjalan dengan baik. Kesehatan ibu pun akan selalu terjaga hingga proses persalinan berlangsung. Meskipun tidak semua makanan bisa dimakan oleh ibu hamil, jangan khawatir Ladies. Dilansir dari laman parents.com, ada lima jenis makanan yang wajib dan sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil dari awal kehamilan hingga menjelang persalinan. Apa saja makanan tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

    Jus Jeruk

    Beberapa study menyebutkan jika jus jeruk mengandung berbagai nutrisi penting bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Karena itulah, jus jeruk sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil demi menjaga kesehatannya dan kesehatan janin di dalam kandungan. Vitamin C dan asam folat yang ada di dalam jeruk disebutkan jika sangat baik untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin. Sedangkan potasium yang ada pada jeruk bisa menurunkan tekanan darah tinggi, menstabilkan berat badan dan menurunkan risiko obesitas saat hamil.

    Yogurt

    Sama seperti jeruk, yogurt adalah salah makanan yang tinggi akan vitamin C dan berbagai nutrisi penting lainnya untuk tubuh. Kandungan kalsium yang ada di dalam yogurt dipercaya mampu membantu memaksimalkan pembentukan tulang janin. Beberapa study menyebutkan jika yogurt bisa melancarkan sistem pencernaan, menstabilkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko tubuh terkenal infeksi atau virus saat hamil.

    Sayur Brokoli

    Siapa yang tidak kenal dengan sayur satu ini. Bisa dipastikan hampir semua orang mengenal sayur brokoli. Brokoli adalah sayuran mengandung nutrisi berupa vitamin C, folat dan vitamin B6. Nutrisi tersebut adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Study menyebutkan jika sayur brokoli juga menstabilkan tekanan darah ibu hamil, menurunkan risiko kanker dan menstabilkan tumbuh kembang bayi dengan baik.

    Kacang Lentil

    Mungkin banyak dari kita yang tidak mengerti apa itu kacang lentil. Tapi jangan khawatir, kami akan menjelaskannya. Kacang lentil merupakan salah satu bahan makanan yang banyak disukai di Timur Tengah. Lentil berbentuk seperti kacang-kacangan dan memiliki warna yang bervariasi. Sejak jaman dahulu, lentil dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh khususnya untuk ibu hamil. Lentil kaya akan asam folat, vitamin B, zat besi, vitamin C dan berbagai nutrisi lain. Karena nutrisinya inilah, beberapa peneliti menyarankan agar ibu hamil makan lentil demi pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun psikologis anak berjalan dengan baik.

    Buah Ara / Tin

    Buah ara / tin merupakan buah yang berasal dari Asia Barat. Buah ara dipercaya bisa menurunkan tekanan darah, mengontrol berat badan, mencegah risiko kanker payudara, meningkatkan gairah seksual, memperkuat tulang, membuat jantung lebih sehat dan meringankan risiko diabetes. Study menemukan jika buah ara memiliki berbagai nutrisi baik sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil.


Ladies, itulah beberapa makanan sehat yang perlu dikonsumsi oleh semua wanita hamil. Namun begitu, saat hamil, wanita sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan lain yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Pastikan untuk memenuhi semua nutrisi ibu hamil maupun janin. Agar ibu dan janin di kandungan selalu sehat, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat, istirahat cukup, olahraga cukup, jangan terlalu stres dan periksakan kehamilan secara teratur minimal satu bulan sekali.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading