Sukses

Parenting

4 Tips Mengatur Pola Makanan Agar Tidur Nyaman Selama Masa Kehamilan

Saat masa kehamilan, salah satu masalah yang seringkali datang adalah ketidaknyamanan saat tidur. Berbeda saat sebelum mengandung, posisi miring mungkin jadi posisi paling nyaman saat tidur. Perut yang membesar dari waktu ke waktu akan menyulitkan calon ibu bernafas dengan cara telentang, sehingga lebih enak menyamping.

Tapi selain posisi tidur, pola makanan juga perlu diatur agar tidur lebih nyenyak. Dikutip dari babycenter.com, gangguan tidur yang biasa terjadi seperti misalnya mual, sesak nafas, kembung, kram kaki hingga mendengkur. Oleh karena itu, berikut ini ada tips konsumsi makanan yang bisa diikuti agar tidur Anda nyaman saat hamil.

    Hindari kafein

    Kurangi sebisa dan sebanyak mungkin konsumsi kopi, teh, cokelat, dan soda, apalagi saat menjelang tidur. Kafein bukan hanya bisa membuat Anda terjaga malam hari, namun juga meningkatkan detak jantung, tidak baik untuk ibu hamil.

    Kurangi minum air di sore dan malam hari

    Minum lebih banyak di pagi hingga siang hari, namun kurangi saat sore hingga malam. Ini akan membantu Anda tidur lebih baik dan tidak terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil.

    Hindari makan pedas dan berat sebelum tidur

    Hindari makanan yang pedas dan asam karena beresiko menyebabkan sakit perut hingga diare. Makan makanan yang mudah dicerna dan mengandung karbohidrat.

    Ngemil sebelum tidur

    Jangan berpikir diet saat hamil. Jika sering mengalami morning sickness, ngemil makanan kecil malam hari sebelum tidur justru akan mengurangi kemungkinan morning sickness pada pagi harinya.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan agar tidur malam Anda lebih nyaman. Makan dengan porsi cukup dan menutrisi juga harus jadi prioritas saat masa kehamilan ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading