Sukses

Parenting

Memosting Foto Bayi Rentan Tindak Kejahatan, Inilah Tips Dari Facebook dan Instagram

Sebelum memiliki bayi, apakah Anda bersedia berbagi informasi seputar waktu luang ataupun liburan Anda di pantai pasir putih di Facebook dan Instagram? Sekarang, lihatlah buah hati sumber kebahagiaan Anda, tanyakan pada diri Anda sendiri; apakah aman jika memposting foto-foto bayi saya?

Bagaimana saya bisa menjaga momen-momen berharga itu tanpa harus menyebarluaskannya ke seluruh dunia ataupun kepada teman-teman saya yang mungkin tidak ingin melihat foto senyumannya, kegiatan sehari-harinya, saat dia mandi dan pertumbuhannya? Mungkin orang tua ataupun mertua Anda tidak akan memberikan nasihat untuk hal seperti ini. Keamanan menjaga informasi Anda adalah tanggung jawab kami, dan inilah beberapa tips dari Facebook dan Instagram yang dapat membantu Anda dalam menjaga privasi.

    Buatlah daftar pertemanan

    Anda hanya ingin berbagi postingan dan foto anak Anda dengan keluarga dan teman terdekat? Di Facebook, Anda dapat membuat daftar sesuai dengan keinginan Anda untuk mengatur teman-teman sesuai yang Anda suka. Anda dapat memilih siapa saja yang termasuk di daftar tersebut dan aturan keamanan apa saja yang diterapkan (jika ada). Teman-teman Anda tidak akan mendapat notifikasi saat Anda menambahkan mereka ke dalam daftar pertemanan yang Anda buat.

    Pilih kepada siapa saja Anda ingin berbagi foto anak Anda

    Setelah Anda membuat daftar pertemanan sesuai dengan keinginan, Anda dapat memilih siapa saja yang dapat melihat postingan Anda setiap saat kali ada yang baru. Di Facebook, Anda dapat memilih audiens Anda dengan menggunakan menu yang terdapat di paling atas postingan Anda. Di Instagram, Anda dapat memilih kepada siapa saja Anda ingin berbagi foto-foto menggunakan tombol “Instagram Direct” yang ada di ujung kanan atas.

    Ambil bagian untuk mengatur privasi Anda

    Di Instagram, Anda dapat dengan mudah mengunci akun Anda agar tidak sembarangan orang dapat mengikuti akun ataupun melihat foto-foto Anda. Untuk melakukan ini, pilih Profile pada bagian kanan bawah, kemudian pilih “Edit Your Profile” di samping foto profil Anda. Telusuri ke bagian bawah untuk melihat apakah pilihan “Posts Are Private” telah diaktifkan.

    Privacy Checkup dari Facebook menawarkan kemudahan bagi Anda untuk memastikan hanya beberapa orang saja yang dapat melihat postingan Anda. Buatlah perubahan setiap saat: Gunakan Activity Log di Facebook agar Anda bisa memilih kepada siapa saja Anda ingin berbagi postingan, melihat setiap postingan yang di-tag dan menghapus apapun yang tidak ingin Anda bagikan lagi dengan teman-teman Anda.

    Jaga keamanan akun Anda

    Sudah menjadi naluri orang tua untuk melindungi anaknya. Hal ini juga berlaku di dunia maya. Sekarang waktunya untuk memastikan bahwa Anda memiliki password yang aman, log out akun Anda setelah menggunakannya dan aktifkan login approvals.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba. Tidak salah memosting foto bayi, tetapi pastikan apa yang Anda bagikan aman untuk sang bayi dan keluarga Anda.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading