Sukses

Parenting

5 Tips Menurunkan Berat Badan Untuk Ibu Menyusui

Selama masa kehamilan, setiap wanita pasti mengalami kenaikan berat badan sekitar 10-15 kg, dengan 2-5 kg merupakan lemak yang disimpan selama masa kehamilan. Lemak tersebut disimpan dengan tujuan memberi Anda energi lebih saat menyusui.

Menyusui bukan hanya cara terbaik untuk menutrisi buah hati Anda, tapi juga cara paling mudah untuk mengurangi timbunan lemak. Beberapa wanita mungkin mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Bukan karena terlalu banyak makan, namun karena asupan kalorinya kurang. Kekurangan asupan kalori pada ibu hamil mengakibatkan tubuh menimbun lebih banyak lemak. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan berat badan selama menyusui? Berikut ini tipsnya, seperti yang telah dilansir oleh Sparkpeople.com.

    Makan Teratur

    Usahakan pola makan Anda teratur, dan selingi dengan makanan ringan setiap beberapa jam sekali. Anda membutuhkan energi yang lebih banyak untuk menyusui

    Perbanyak Minum

    50% kandungan ASI adalah air. Selain itu, air juga komponen penting untuk proses metabolisme dalam tubuh Anda. Minumlah 2 L air setiap hari.

    Olahraga

    Lakukan olahraga ringan, tentu setelah dokter mengijinkan, untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Olahraga teratur dan memiliki peningkatan, gerakan dan durasi, sangat membantu

    Hindari Stres

    Saat stres, tubuh Anda akan melepaskan hormon cortisol, yang dapat meningkatkan pacu jantung, memperlambat sistem pencernaan dan mengalirkan aliran darah menjauhi sistem pencernaan. Jadi jika Anda tidak makan teratur, stres, dan kurang tidur, proses penurunan berat badan Anda akan terganggu.

    Hidup Sehat

    Jika Anda sudah melakukan segala sesuatunya dengan benar, namun berat badan Anda tidak kunjung berkurang, bisa jadi karena hormon atau kesehatan Anda. Satu-satunya pilihan adalah hidup sehat. Makan makanan sehat dan "bersih", serta olahraga teratur. Setelah Anda sudah tidak menyusui, Anda bisa melakukan diet-diet sehat lain untuk menurunkan berat badan.

Namun, Anda harus ingat bahwa ASI sangat penting bagi bayi Anda dan proses menyusui dapat mempererat ikatan antara Anda dengan bayi Anda. Hal itu tentunya lebih penting daripada angka pada timbangan bukan? Jangan stres karena masalah ini. Tetap hidup sehat dan cukupi nutrisi buah hati serta Anda sendiri.

 

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading