Sukses

Parenting

Seberapa Penting Tidur untuk Anak? Dokter Menjawab

Tidur sama pentingnya dengan makanan yang bergizi, khususnya untuk bayi. Mengapa? Karena bayi membutuhkan tidur nyenyak berkualitas saat malam untuk tumbuh kembang mereka. Tidur malam yang nyenyak dapat membangun fungsi otak, menunjang pertumbuhan fisik, dan berhubungan erat dengan mood mereka di pagi hari.

Menurut dokter spesialis anak, Catharine M. Sambo, saat tidur, otak tetap bekerja dan terus mencatat segala aktivitas saat tidur. Jadi otak bayi dan anak-anak tetap aktif saat sedang terjaga atau bermain dan juga saat mereka sedang tidur lelap.

Foto: dok. Vemale

"Ketika tidur, otak kita tidak seperti mati lampu gelap gulita, justru saat tidur otak kita masih sibuk menyimpan memori dan saraf itu masih aktif. Misalnya bila tidur kita orang dewasa terputus gitu aja kan tidak enak sama sekali, hal itu juga sama dirasakan oleh bayi," jelas Dokter Catharine saat ditemui di acara talk show Pampers di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Senin 18 Mei 2015.

Bila bayi, lanjut dokter Catharine, tidak tidur total selama 12 jam maka tumbuh kembangnya akan terpengaruh. Aktivitas tidur itu sangatlah penting untuk bayi. Tidur nyenyak membuat bayi saat bangun pagi hari akan ceria, aktif dalam beraktivitas, tidak rewel dan sebagainya.

"Salah satu faktor yang membuat bayi menjadi tidak tidur nyenyak dan membuatnya terbangun karena popok basah. Biasanya mereka suka buang air kecil bisa sampai 6 kali dalam semalam. Maka dari itu Anda harus pintar memilih popok yang tepat untuk anak Anda, yang mudah kering," ucapnya. Pemilihan popok yang tepat akan sangat menunjang bayi untuk mendapatkan tidur nyenyak berkualitas.

"Metabolisme tubuh bayi selama tidur mengalami peningkatan dan sel-sel tubuh memasuki proses pemulihan. Ini sebabnya mengapa jika si kecil tidurnya nyenyak, saat bangun di pagi hari mereka akan terasa segar dan bugar," tambah Dokter Catharine.

So, Bunda, yuk lebih diperhatikan lagi kualitas tidur si kecil. Saat buah hati sudah mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup, maka tumbuh kembangnya akan lebih optimal.

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading