Sukses

Parenting

Mengatasi Punggung Sakit Saat Hamil Besar

Berita baiknya adalah bayi Anda tumbuh dengan baik. Itulah yang seharusnya terjadi. Tetapi beban pada punggung Anda menjadi lebih berat karena peningkatan berat badan, perubahan postur, perubahan hormon, pemisahan otot rahim dan stres emosional. Kebanyakan wanita hamil akan mengalami nyeri punggung pada paruh kedua kehamilan. Anda harus tahu ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir nyeri punggung pada saat hamil besar seperti yang dilansir dari webmd sebagai berikut:

    Latihan

    Olahraga yang teratur sebelum masa melahirkan dapat memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas. Hal ini dapat mengurangi stres dan tekanan pada tulang belakang Anda. Latihan yang aman bagi kebanyakan wanita hamil adalah berenang, berjalan dan bersepeda statis. Dokter atau ahli terapi fisik dapat merekomendasikan latihan untuk memperkuat punggung dan perut.

    Kompres Panas dan Dingin

    Menerapkan kompres panas dan dingin untuk punggung Anda dapat sangat membantu. Mulailah dengan menempatkan kompres dingin seperti kantong es atau sayuran beku dibungkus handuk pada daerah yang sakit selama 20 menit beberapa kali sehari. Setelah dua atau tiga hari beralihlah ke kompres panas, dengan menempatkan bantal pemanas atau botol air panas pada daerah yang sakit. Hati-hati untuk tidak menerapkan botol berisi air panas ke perut Anda selama kehamilan.

    Memperbaiki Postur Tubuh Anda

    Gunakan postur tubuh yang tepat saat Anda bekerja, duduk atau tidur adalah langkah yang terbaik. Misalnya tidur dengan memberi ganjalan bantal pada perut dan antara lutut akan menghilangkan tekanan pada punggung Anda. Ketika duduk, tempatkan handuk yang diletakkan pada belakang punggung. Kemudian, istirahatkan kali Anda pada bangku kecil, dan duduklah dengan tegak. Mengenakan sabuk pendukung untuk ibu hamil juga sangat membantu.

    Konseling

    Jika sakit punggung yang Anda alami berhubungan dengan stres, berbicara dengan teman yang terpercaya atau seorang konselor dapat membantu.

    Akupuntur

    Akupuntur adalah bentuk pengobatan Cina, di mana jarum tipis dimasukkan ke dalam kulit di lokasi tertentu. Penelitian telah menunjukkan bahwa akupuntur dapat efektif dalam mengurangi nyeri punggung bawah selama kehamilan. Hubungi dokter Anda jika tertarik mencoba.

    Chiropractic

    Ketika dilakukan dengan benar, chiropractic pada tulang belakang adalah aman selama kehamilan, tetapi berkonsultasilah dahulu dengan dokter Anda sebelum mencari perawatan chiropractic.

Dari tips di atas semoga Anda bisa terhindar dari sakit punggung di kala hamil besar sehingga Anda bisa lebih mempersiapkan persalinan dengan baik dan menyambut sang buah hati dengan gembira.

 

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading